Pengertian, Fungsi dan Manfaat Google Drive

Pengertian fungsi dan manfaat google drive

Seperti yang kita tahu, bahwa sekrang ini segala sesuatunya sudah serba digital. Tempat penyimpanan file dan dokumen pun kini sudah mulai beralih tempat. Kini penyimpanan sudah mulai bergeser dari flash disk ke google drive.

Google drive hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai media penyimpanan yang aman. Kita dapat menyimpan file atau dokumen resmi, foto/gambar, dan juga video di google drive.

Selain dapat digunakan untuk menyimpan, google drive juga bisa digunakan untuk mengedit file. Dengan demikian google drive penting untuk digunakan terlebih untuk perusahaan.

Pengertian Google Drive

Google drive merupakan salah satu perangkat dari google berbasis cloud yang digunakan untuk mengambil, menyimpan dan mengedit file.

Google drive dikenalkan oleh Google pada 24 April 2012.  Google drive dapat diakses menggunakan PC maupun smartphone android.

 

Fungsi Google Drive

  1. Menyimpan data

Dengan menggunakan Google Drive, kalian dapan menyimpan data apapun yang kalian miliki seperti foto/gambar, video, dan juga dokumen-dokumen penting. Tidak hanya itu, google drive dapat diakses dimana saja baik menggunakan pc maupun smartphone. Google drive mmiliki kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB untuk penggunanya. Jadi kalian tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan untuk file atau dokumen kalian.

 

  1. Mengedit data

Tidak hanya sebagai ruang untuk menyimpan data saja, akan tetapi google drive juga bisa digunakan untuk mengedit file atau dokumen juga. Kita juga bisa mengeditnya lewat pc maupun hp android kalian. Selain itu, bukan hanya kita saja yang bisa mengeditnya, orang lain pun juga bisa mengedit file yang kita simpan di google drive. Caranya adalah dengan membagikan link. Jika kita membagikan link penyimpanan pada teman kalian, maka teman kalian akan dapat membukanya dan mengeditnya. Jadi kita tidak perlu mengunduhnya untuk mengedit. Hal ini karena Google Drive mendukung edit teks yang terhubung langsung dengan spreadsheet.

Baca juga :   Menyewa Konsultan Digital Marketing Untuk Mendongkrak Omset Bisnis

 

  1. Berbagi file/data

Dengan menggunakan Google Drive kita juga dapat berbagi file dengan siapapun secara lansung. Kita tidak perlu mengkonfigurasikannya dengan aplikasi lain. Hanya dengan membagikan link pada teman kita, mereka sudah bisa membukanya melalui email/drive mereka.

 

  1. Backup data

Google Drive juga dapat digunakan untuk membackup data baik dari pc maupun perangkat lain. Jadi kalian tidak perlu khawatir, karena dengan kapasitas penyimpanan yang besar file-file kalian bisa di backup di Google Drive.

 

 

Manfaat Google Drive

Tidak hanya memiliki banyak fungsi saja, Google Drive juga memiliki banya manfaat bagi para penggunanya. Berikut manfaatnya:

  1. Data yang tersimpan aman

Semua data yang tersimpan di Google Drive akan aman tersimpan. Berbeda dengan menyimpan data di computer atau flash disk yang rawan akan kerusakan. Selama akun gmail yang kita gunakan untuk aktifasi akun google masih aktif, kita tetap bisa menggunakan Google Drive.

Akan tetapi, kita tetap harus menjaga privasi kita sebagai pengguna Google Drive dan tidak sembarang berbagi link. Tujuannya adalah agar data kita tidak disalah gunakan.

 

  1. Dapat digunakan dimanapun dan kapanpun

Manfaat yang lainnya adalah, kita dapat menggunakan Google Drive dimana saja dan kapan saja kita butuh. Hal ini akan sangat mempermudah kita untuk bekerja. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa kita dapat membuka Google Drive dengan menggunakan pc ataupun smartphone. Bahkan kita juga bisa membukanya menggunakan pc/laptop orang lain untuk membuka GDrive kita.

 

  1. Mudah digunakan

Google Drive merupakan salah satu layanan dari google yang mudah digunakan. Tidak hanya kapasitas penyimpanannya yang besar namun layanan ini juga mudah dalam pengoperasianya.

Baca juga :   Kampus Bisnis Terbaik Terbaik 2018

 

 

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Google Drive juga memiliki kelebihan dan kekurangann yang harus kalian ketahui.

Kelebihan

  1. Kapasitas penyimpanan besar
  2. Keamanan terjaga
  3. Dapat menyimpan, berbagi dan mengedit file

Kekurangan

Kekurangan dari Google Drive adalah pengguna harus terkoneksi dengan jaringan internet.

 

Semoga artikel ini bermanfaat terutama untuk kalian yang mencari informasi mengenai apa itu Google Drive dan apa manfaat untuk penggunanya.

Terimakasih sudah membaca J

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂