Urgensi Digital Marketing Perguruan Tinggi

Marketing Perguruan Tinggi

KDJ-Jaman sekarang tidak ada yang namanya bingung cari tempat kuliah. Setiap tahun ada banyak kampus baru sehingga para calon mahasiswa tidak lagi kesusahan mencari bangku perkuliahan. Tetapi pada saat yang sama banyak kampus yang tutup karena gagal menggaet mahasiswa baru.  Banyak faktor penyebabnya, tetapi di era sekarang faktor utamanya adalah kegagalan kampus dalam bersaing di antara puluhan kampus yang lain. Di era serba digital, kampus yang gagal membranding dirinya di media sosial dan virtual akan ditinggalkan oleh peminatnya, sekalipun kampus tersebut mempunyai kualitas pembelajaran yang lebih baik dari yang lainnya.

Kampus yang tidak dapat melakukan branding di era digital juga tertutup peluangnya untuk kerjasama riset dan pendanaannya. Hal ini akan berdampak pada kualitas hasil riset dari civitas akademika.  Jadi jangan dulu terburu-buru mengejar publikasi Scopus kalau masih kesulitan untuk mencari pendanaan guna keperluan riset. Akan banyak manfaat yang akan didapat apabila kampus sanggup mengoptimalkan branding di media sosial dan website. Menurut pakar Ilmu Komunikasi, Dr Andre Rahmanto, ada beberapa keuntungan apabila perguruan tinggi berhasil melakukan branding pada pihak luar.

Beberapa Keuntungan Perguruan Tinggi menggunakan Marketing Digital.

  1. Menghemat ongkos branding pada masa penerimaan mahasiswa baru, Cara-cara promosi kampus yang konvensional, seperti Expo Kampus, sangat memboroskan biaya dan tidak mencapai target pasar secara menyeluruh. Melalui tampilan website dan sosmed yang ciamik, maka para pejuang bangku kuliah akan lebih tertarik untuk mengetahui lebih lanjut informasi kampus tersebut.
  2. Dapat Menarik Top Quality Student, Calon mahasiswa yang bermutu akan terlebih dulu memperhatikan keunggulan-keunggulan kampus yang akan dituju. Keunggulan kampus mustahil diketahui banyak orang tanpa strategi marketing di media online yang memadai. Kemudahan penyajian konten di media online dalam bentuk infografik, poster, dan video pendek seharusnya dapat mengangkat keunggulan kampus agar lebih diperhatikan oleh para calon mahasiswa baru.
  3. Menjaga reputasi perguruan tinggi, Reputasi perguruan tinggi yang baik di sosial media juga bisa memberikan positif vibes bagi proses pembelajaran di kampus. Rasa kepemilikan para civitas akademika terhadap kampus otomatis akan meningkat apabila institusinya mendapat sorotan yang positif dari masyarakat luas.
  4. Membuka peluang kerjasama dengan institusi lain, Persaingan antar kampus baik swasta maupun negeri semakin terbuka. Kemudahan untuk ditemukan di dunia maya menjadi prasyarat eksistensi perguruan tinggi. Sebuah kampus akan kesulitan untuk memperoleh kerjasama dengan pihak luar, seperti korporasi maupun BUMN, apabila gagal membangun reputasi baik di media online.
  5. Meningkatkan kepercayaan dunia kerja, Bagaimanapun para perekrut kerja akan memperhatikan latar belakang pendidikan calon karyawannya. Apabila sang pelamar berasal dari kampus yang terkenal dan populer maka akan menjadi nilai plus dan pertimbangan lebih lanjut. Keperluan untuk digitalisasi kampus semakin mendesak karena kondisi pandemi terus menuntut kampus agar tetap survive dalam persaingan di dunia digital. Kampus Dosen Jualan hadir dengan menyediakan layanan peningkatan digital marketing kampus, di antaranya melalui optimalisasi website marketing serta pengelolaan sosial media kampus.
Baca juga :   Artificial Intelligence dalam Digital Marketing

Kampus Dosen Jualan juga dapat menjadi fasilitator untuk membantu website dan sosial media kampus sanggup menembus ketatnya persaingan di era digital. Beberapa lembaga kampus di Yogyakarta telah bekerjasama dengan Kampus Dosen Jualan untuk meningkatkan brandingnya, antara lain Laziz Universitas Islam Indonesia dan Universitas Negeri Yogyakarta. Tunggu apalagi, mengingat pentingnya branding perguruan tinggi, mari bekerjasama dengan Kampus Dosen Jualan untuk mengoptimalkan promosi dan sosialisasi program kampus anda.

 

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792