Konten Tiktok Untuk Ramadhan

Konten Tiktok Untuk Ramadhan

Hayo ngaku siapa yang pas lagi puasa suka ngabububurit dengan main tiktok? Kalian tau nggak konten tiktok untuk ramadhan yang paling laku itu temanya apa saja? Tema-tema ini terbukti telah naik sepanjang bulan ramadhan tahun ini. Penasaran bukan sama ide kontennya? Simak tulisannya sampai akhir ya sobat.

Sebelum membahas tentang konten tiktok untuk ramadhan, yuk kita simak apa saja jenis konten di tiktok saat ini. Mungkin selama ini kamu sering melihat konten secara asal saja di tiktok. Tapi ternyata itu semua ada kategorisasinya lho. Berikut ini jenis-jenis konten tiktok yang biasa bersliweran di FYP kita semua, kalian bisa tambahi kalau mungkin ada yang kurang;

  1. Hiburan (video lucu, lawak, dan sejenisnya)
  2. Kuliner (makanan dan minuman)
  3. Pendidikan (dunia sekolah, formal dan informal)
  4. Tips dan trik (pemakaian barang, how to, dan lain-lain)
  5. Tari atau dance yang dicombine dengan musik.
  6. Permusikan (menyanyi dan main music)
  7. News (kejadian di suatu kota, atau liputan berita)
  8. Drama dan film (trailer film, drama, opera, lakon, dan sejenisnya).
  9. Infografis (info dalam bentuk video/gambar berjalan)
  10. Keagamaan (ceramah, polemik, kegiatan keagamaan)

Itulah jenis-jenis konten tiktok yang selama ini mungkin pernah singgah di FYP kita. Mungkin ada yang belum masuk dalam list tersebut bisa sobat KDJ tambahkan. Oke kita akan kembali pada pembahasan konten tiktok untuk ramadhan. Apa yang harus kita perhatikan sebelum membuat konten tiktok untuk bulan puasa? Berikut ini adalah ulasannya. Simak ya sobat.

Video Tiktok

Sebuah konten pasti harus mencerminkan penontonnya atau apa yang terjadi di masyarakat. Apalagi tiktok yang merupakan sosial media dengan media visual (video) yang kuat. Maka dari itu setiap video tiktok yang kamu posting harus sesuai dengan etika dan aturan yang berlaku di masyarakat.

Saat ini tiktok sudah sedemikian ketat terhadap setiap konten yang diupload user kedalam platform tersebut. Maka dari itu mulai ada SOP atau aturan video tiktok, misalnya tidak boleh menampilkan adegan orang merokok, atau kekerasan, dan lain-lain.

Baca juga :   Cara Setting Akun Tiktok Untuk Pemula yang Pengen Jadi Creator

Apalagi di momen ramadhan seperti sekarang, kita harus makin berhati-hati ketika buat konten. Karena saat ramadhan ini orang-orang sedang euphoria terhadap bulan puasa. Maka dari itu buatlah konten yang paling menjual ketika bulan penuh berkah ini. Apa saja konten tiktok untuk ramadhan yang paling cocok ya?

Tentunya hindari membuat konten yang tidak begitu disuka ketika bulan ini, semisal konten dugem, pergi ke tempat wisata, berolahraga, dan sejenisnya. Semua ini sah saja kamu jadikan video tiktok tapi tentu tidak menjual karena tak ada kaitan dengan puasa. So, daripada berlama-lama mending kita simak saja ide konten tiktok untuk ramadhan di bawah ini.

Konten Ramadhan di Tiktok

Ciri khas konten di bulan ramadhan baik di semua platform sosial media adalah yang berkaitan dengan keagamaan. Sebab pada bulan ini banyak terjadi peningkatan intensitas ibadah di masyarakat. Hal ini tentu mengalami perubahan pada habits dan pola masyarakat dalam mencari hiburan.

Konten sosmed untuk ramadhan sangat berkaitan erat dengan apa yang masyarakat sedang jalani. Selain ibadah, mereka juga melakukan konsumsi dalam bentuk buka puasa dan sahur. Hal ini menyebabkan konten-konten di seputar kuliner menjadi begitu dinikmati oleh audiens di sosmed.

Nah, hal ini juga berlaku untuk konten tiktok ketika ramadhan tiba. Apalagi tiktok merupakan aplikasi berbasis video sehingga banyak orang akan mencari hiburan di sana ketika menunggu waktu berbuka atau santap sahur. Lalu apa saja konten tiktok untuk ramadhan yang bisa kita eksekusi untuk ide marketing tahun ini? Simak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

Konten Tiktok Untuk Ramadhan 2021

Ramadhan tentunya mempengaruhi kebiasaan para pengguna sosmed di Indonesia. Dan sebaliknya sosmed juga mempengaruhi kebiasaan masyarakat dalam mengisi bulan ramadhan. Potensi inilah yang harus kamu lihat sebagai sebuah peluang untuk memasarkan produk melalui sosmed.

Baca juga :   "IJO" Batch 76 Day #2

Sosmed yang paling banyak mengalami perubahan trend tentunya adalah tiktok. Di dalam platform ini memang arus informasi begitu cepat dan mengikuti trend yang ada. Oleh karena hal tersebut, maka pada momen ramadhan kali ini ada konten-konten yang demikian digemari oleh masyarakat. Pemain bisnis harus mengetahui hal ini agar bisa merancang ide yang efektif untuk akun tiktoknya. Lalu apa saja ide konten tiktok untuk ramadhan tahun ini yang paling populer?

Berdasarkan survey tiktok ramadhan insight 2021, menyimpulkan ada beberapa tema konten yang laris manis di awal ramadhan ini di antaranya adalah;

  1. Konten Keagamaan (78%)
  2. Tema Kuliner, makanan (71%)
  3. Konten Hiburan, video lucu, humor, dll (69%).
  4. Tema Keluarga/Relasi (64%)
  5. Update keseharian (60%)
  6. Fashion, pakaian (43%)

Keenam hal tersebut merupakan tema konten yang sedang naik daun saat ini. Apabila kita perhatikan dengan seksama memang keenamnya sering menguasai FYP kita akhir-akhir ini. memang suasana ramadhan telah membawa tema-tema yang awalnya tidak begitu naik daun menjadi terkenal dan menjadi selera.

Terkadang kita tidak melihat perubahan selera dari target pasar sehingga kita tak tahu perkembangannya. Hal ini cukup bahaya karena dapat menyebabkan target pasar hilang satu per satu dan akan pindah brand. Untuk mencegah hal itu maka kamu harus siapkan konten tiktok untuk ramadhan, yakni enam tema di atas. Lalu bagaimana tips untuk mengeksekusi ide-ide di atas menjadi sebuah konten yang menarik? Simak ulasan singkat di bawah ini.

Video Tik Tok Ramadhan 2021

Tentu hiburan berbentuk video menjadi primadona untuk menjadi tontonan saat puasa. Keletihan akibat puasa seharian membuat mereka ingin cari hiburan yang sederhana dan tidak menuntut pikiran. Dan salah satu medianya adalah platform tiktok.

Baca juga :   Ide Konten Tiktok Bermanfaat Biar Kontenmu Isinya Gak Joget-joget Melulu

Kemudian bagaimana cara untuk mengeksekusi ide tema di atas dan apa saja tips agar kontenmu banyak engagement?

  1. Eksekusi Konten Favorit di Tiktok

Tema-tema favorit di atas harus mulai kamu eksekusi menjadi konten tiktok untuk ramadhan. Kamu tidak harus berjualan baju untuk buat tema tiktok tentang fashion. Sangkut pautkan saja produkmu dengan fashion bagaimanapun caranya.

Misalnya produkmu adalah tentang kosmetik, maka buatlah konten yang berisi tips bagaimana menyesuaikan lipstik dengan baju misalnya. Ini akan menjadi konten yang “sekali dayung dua pulau terlampaui”. Di satu sisi kamu dapat mengikuti trend yang ada dan di sisi yang lain produkmu menjadi terangkat.

  1. Pergunakan Tagar

Kita sudah tahu sendiri bahwa tema-tema di atas juga dapat menjadi sebuah hastag atau tagar. Misalnya untuk tema keagamaan punya tagar #berkah. Inipun harus kamu pakai ketika akan meningkatkan engagement akun. Inilah Hastag Tiktok Biar Banyak Like agar akunmu makin maksimal saat ramadhan tiba.

  1. Maksimalkan Fitur

Agar visualisasi kontenmu nampak istimewa maka maksimalkan fitur yang ada. Ada banyak fitur mulai dari efek slow motion hingga efek video lainnya di tiktok lho. Semua ini akan memudahkan naiknya konten tiktok untuk ramadhan kamu.

  1. Buatlah Hastag Challenge

Ada baiknya juga kita kadangkala membuat hastag challenge untuk makin meluaskan jangkauan pasarmu. Seperti yang kita tahu bahwa hastag challenge akan menarik audience yang sebelumnya tidak kenal dengan kita. setelah kenal tentu mereka akan aware dengan akunmu dan nantinya meningkatkan jangkauan akun.

Itulah konten tiktok untuk ramadhan yang potensial buat meningkatkan penjualanmu melalui tiktok tahun ini. Segera eksekusi juga tips-nya, agar tak ketinggalan mengikuti trend yang sudah ada. Semoga manfaat. Salam inspirasi.