Kelebihan Dan Kekurangan Google Calendar yang Ada di Hape Androidmu

Kelebihan Dan Kekurangan Google Calendar

Sejak awal kemunculannya, telepon genggam sudah dilengkapi dengan kalender atau penanggalan harian. Saat ini mungkin teknologi sudah lebih canggih sehingga orang-orang tidak hanya melihat kalender melainkan dapat mengetahui waktu apa yang harus ia lakukan saat itu (reminder). Namun di balik kecanggihan itu semua tahukah kamu bahwa tetap ada kelebihan dan kekurangan google calendar?

Secara umum google calendar saat ini telah dipakai oleh orang-orang di seluruh dunia sebagai kalender elektronik bawaan hape. Ini tidak mengherankan karena google punya fitur sedemikian lengkap, tidak hanya kalender tapi juga notes, dan lain-lain. Semua fitur ini begitu terintegrasi sehingga dapat mempermudah urusan manusia.

Sebagai salah satu fitur dari google, ternyata google calendar adalah aplikasi yang secara tidak langsung dapat mempermudah urusan manusia, mulai dari penjadwalan, pengingat, hingga untuk manajemen waktu. Mari kita simak beberapa fiturnya sebelum kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan google calendar.

Fitur Google Calendar

Ada beberapa fitur google calendar yang harus kita ketahui sebelum benar-benar tahu apa kelebihan dan kekurangan google calendar berikut ini.

Berikut ini adalah fitur dari G-Calendar;

  1. Kalender (tampilan per hari, 3 hari, 7 hari, atau bulan)
  2. Menu Search (untuk mencari agenda yang sudah kamu jadwal)
  3. Refresh (Penyegaran)
  4. Momen besar (misal hari pahlawan, hari pendidikan, dan lain-lain)
  5. Menambahkan jadwal (Tujuan, Pengingat, Tugas, dan Acara)
  6. Notifikasi (akan muncul ketika jadwal sudah tiba).

Dari sekian fiturnya tersebut, ternyata setidaknya ada beberapa fungsi dan tujuan pokok dari adanya Google Calender. Aplikasi ini secara umum mempunyai fungsi utama,yang meliputi sub judul di bawah ini.

Baca juga :   Contoh Kalender Konten Instagram Versi Kampus Dosen Jualan

Fungsi Google Calendar

Fungsi dari kalender google sebenarnya ada banyak sekali. Namun tulisan ini akan merumuskan fungsinya menjadi empat saja, dan untuk penjelasannya simak di bawah ini.  Fitur dan fungsi Google Calender, meliputi;

  1. Tujuan
  2. Pengingat (reminder).
  3. Tugas
  4. Acara

Keempatnya merupakan fungsi paling penting dari g-calender. Meskipun g-calender mempunyai kelebihan dan kekurangan google calendar tapi kita wajib tahu bagaimana operasikan google calendar. Keempat fungsi tersebut berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Keempatnya merupakan fitur utama yang mana kamu harus tahu pengoperasiannya, mengingat dalam hidup kita pasti pernah menggunakan salah satunya. Tulisan tentang kelebihan dan kekurangan google kalender berikut adalah akan membahas keempat fitur tersebut secara berurutan di bawah ini. Kita mulai dengan G-Calender untuk fitur tujuan.

  1. Kegunaan Google Kalender untuk Menyetting Tujuan

Google calendar punya fitur unik yang bernama Tujuan. Kalau tidak  kita coba tentu tidak akan tahu apa maksud fitur berikut ini. Untuk masuk ke dalamnya kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini;

  • Masuk aplikasi Google kalender.
  • Klik tanda (+) pada pojok kanan bawah.
  • Klik Tujuan
  • Pilih Target, yang meliputi Olahraga, Membangun Ketrampilan, Teman dan Keluarga, Waktu untuk Diri Sendiri, Mengatur Hidup Saya.

Setiap target mempunyai sub target sendiri-sendiri. Misalnya olahraga mempunyai sub target antara lain; senam, lari, berjalan, lakukan yoga, dan lain-lain. Begitupula dengan target lain pasti punya sub target yang bisa kita pilih. Pada dasarnya fitur Tujuan ini berfungsi untuk memantapkan agenda kita yang rutin setiap hari/minggunya. Itulah kelebihan dan kekurangan google calendar yang m pertama kali harus kamu ketahui.

Misalnya kamu ingin menjadwalkan lari sebanyak tiga kali per minggu. Maka bukalah menu Olahraga -> Lari -> Tiga Kali dalam Seminggu -> Pilih Durasi Lari (15, 30, 60 Menit) -> Pilih Waktu (Pagi, siang, sore) -> Selesai.

Baca juga :   Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis

Setelah kamu selesai menyetting Tujuan maka Google calendar akan mengumpulkan preferensi dan membuatkan waktu yang tepat sebanyak tiga kali per minggu. Jika waktu yang disarankan oleh google tidak sesuai keinginanmu, maka dapat kita rubah lagi waktu tersebut. Jika sudah pas maka tidak perlu mengubahnnya. Inilah terkadang yang menjadi kelebihan dan kekurangan google calendar, yaitu waktu yang mereka sarankan tak selalu presisi. Jadi terkadang kita harus setting sendiri.

  1. Cara Menggunakan Google Calendar sebagai Pengingat

Fitur kedua dari google calendar adalah yang bernama Pengingat (Reminder). Jika kamu ingin mendapatkan reminder saat akan berkegiatan maka settinglah waktunya di sini. Nanti google yang akan menjadwalkannya dan memberitahu kamu apabila waktunya sudah dekat.

Fitur ini banyak dipakai oleh mereka yang punya banyak agenda agar tidak sampai luput dalam melakukan kegiatan harian. Caranya hampir sama seperti  tutorial menyetting tujuan di atas, Klik Tanda (+) -> Pengingat -> Tulis Nama Agendamu -> Tetapkan Hari, tanggal, dan jamnya -> Pilih Berulang atau Tidak ->Klik Simpan. Sebagai informasi saja bahwa fitur pengingat ini dapat menjadwalkan agenda tersebut setiap hari di waktu yang sama. Namun jika hanya untuk satu kali agenda saja maka kamu dapat memilih jam dan waktunya.

Kamu bisa melihat apa saja agendamu pada hari itu, beserta detail jam dan nama kegiatannya. Ini cukup memudahkan kita karana dengan begitu kamu dapat menjadi lebih disiplin dalam waktu. Apalagi bagi seorang pebisnis ini sangat penting mengingat kegiatannya harus tersetting secara teratur. Inilah kelebihan dan kekurangan google calendar, yakni meskipun mereka tak dapat tahu persis siapa kita tapi mereka tahu kapan harus mengatur agenda kita.

  1. Kelebihan Dan Kekurangan Electronic Calendaring di Fitur Tugas Google Calendar

Nah, salah satu yang akan kita bahas lagi adalah terkait fitur Tugas yang ada di google calendar. Fitur ini merupakan tempat di mana kita bisa menjadwalkan yang namanya agenda dan tugas-tugas setiap harinnya.

Baca juga :   Bagaimana Video Marketing Bekerja? Tren & Prospeknya di Masa Depan

Fitur tugas di google kalender ternyata dapat terhubung dengan worksheet atau docs google sehingga begitu ada pengingat, kita dapat langsung eksekusi tugasnya saat itu juga. Cukup unik dan memudahkan bukan? Dan satu lagi  kamu dapat membuat tasks-nya di akun worksheet. Gampangnya begini, jika terbiasa bekerja dengan worksheet dan saat ada pekerjaan yang belum selesai maka jadwalkan saja. Maka otomatis akan masuk ke dalam google calendar. Inilah yang mungkin menjadi kelebihan dan kekurangan google calendar, yakni bisa terintegrasi dengan aplikasi lainnya. Tapi juga terbatas hanya di aplikasi bawahan google saja.

  1. Menambahkan Acara serta Mengundang Orang Lain

Siapa sangka ternyata google calendar dapat berguna untuk membuat rundown acara, bahkan acara itu sendiri. Sebab aplikasi ini mempunyai fitur yang bernama Buat Acara. Saat kamu akan mengagendakan sesuatu, semisal buka bersama, arisan keluarga, ataupun temu kangen, maka bisa memakai fitur berikut ini.

Caranya adalah dengan klik tanda (+) di bagian pojok kanan bawah. Kemudian klik Acara. Di sana kamu dapat memasukan tajuk acara beserta detail jadwalnya. Detail yang kami maksud adalah misalnya jam berapa acara berlangsung, undangan, deskripsi acara, menambahkan orang, hingga share location. Cukup bagus bukan fitur dari google kalender berikut ini. Nah, setelah kita tahu keempat fitur  dari google kalender, maka kita akan ulas apa saja kelebihan dan kekurangan google calendar.

Kelebihan Dan Kekurangan Kalender di Google

Kelebihan google calendar

  1. Terintegrasi dengan aplikasi lain di google, sehingga memudahkan kerja.
  2. Mempunyai fitur yang lengkap mulai dari pengagendaan acara hingga reminder.
  3. Mengarahkan dan mengatur lalu lintas jadwal yang telah kita buat.

Kekurangan google calendar

  1. Hanya bisa dipadukan dengan sesama aplikasi google.
  2. Kurang mengetahui preferensi (terutama soal waktu) user.
  3. Masih kurang bisa sesuaikan dengan agenda momentual yang telah ada di kalender, seperti idul fitri, natal, dan lain-lain.

Itulah tadi keempat fitur paling ciamik dari google calendar, beserta pemaparan mengenai kelebihan dan kekurangan google calendar. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menginspirasi. Salam.