Ide Konten untuk Bulan Ramadan

Ide konten ramadan

Ide Konten Ramadan

Konten yang relevan tentu akan memikat banyak audiens. Di bulan Ramadan, ada baiknya kalian untuk mempersiapkan konten bulan Ramadan guna mengembangkan aktivitas online kalian. Kalian bisa memanfaatkan peluang untuk meraup audiens dengan membuat konten-konten yang berkaitan dengan bulan Ramadan. Lantas, kira-kira apa saja ide konten yang menarik untuk disajikan ketika bulan Ramadan? Jangan khawatir! Yuk simak artikel Ide Konten Ramadhan berikut ini sampai selesai!

Menu Sahur/Buka

Ide konten pertama yang bisa kalian buat untuk menarik perhatian banyak audiens adalah konten seputar menu-menu buka puasa atau sahur. Kadang, orang-orang merasa kebingungan untuk memilih menu buka puasa yang akan mereka hidangkan selama bulan Ramadan. Nah, oleh karena itu kalian bisa menjadi penolong dengan memberikan rekomendasi menu buka puasa yang lezat dan menarik kepada audiens. Dengan membagikan konten relevan pada saat bulan Ramadan, maka kalian memiliki peluang yang tinggi untuk dapat menarik audiens banyak dan pada akhirnya meningkatkan engagement rate konten-konten yang kalian posting.

Tutorial Memakai Hijab

Ide konten Ramadan kedua yang bisa kalian pilih selama bulan Ramadan adalah tutorial memakai hijab. Salah satu cara tepat untuk membuat konten tutorial hijab ini adalah dengan menggunakan video. Karena video dapat memberikan penjelasan secara praktik dan akan mempermudah audiens dalam memahami tips memakai hijab yang diinformasikan. Sehingga, pada akhirnya konten tersebut akan disukai oleh orang banyak.

Baca juga :   Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan untuk Sambut Rezeki Ramadhan

Selain itu, menurut Google Ramadan Series, ternyata audiens pada bulan Ramadan lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan mengonsumsi konten yang berupa video. Mengetahui informasi tersebut, kalian bisa memanfaatkannya dengan membuat konten berupa video tutorial memakai hijab.

Mengatur THR

Salah satu hal yang dinantikan oleh pegawai ketika bulan Ramadan adalah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan tempat mereka bekerja. Namun sayangnya, masih banyak dari mereka yang belum tahu cara mengatur THR dengan baik. Mereka belum mengerti membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Akhirnya THR akan habis begitu saja untuk hal-hal yang kurang penting dan berguna.

Apalagi, kehadiran e-commerce di Indonesia turut mengubah perilaku jual-beli masyarakat. Pembeli bisa membeli produk yang diinginkan di mana saja dan kapan saja. Nah, pada saat bulan Ramadan, biasanya orang-orang akan menghabiskan waktu mereka untuk bermain handphone sambal menunggu waktu buka. Intensitas bermain handphone inilah yang akan membuka peluang orang-orang tertarik untuk menghabiskan uangnya dengan berbelanja online di e-commerce. Melihat situasi tersebut, kalian bisa membuat konten cara mengatur THR dengan baik pada sata bulan Ramadan, lho.

Menjaga Kesehatan

Ide konten lainnya yang bisa kalian angkat adalah konten seputar menjaga kesehatan pada saat bulan Ramadan. Menjaga Kesehatan tubuh agar tetap sehat dan fit selama bulan Ramadan tentu merupakan hal yang penting. Karena tubuh yang fit akan membantu kalian dalam menjalankan kewajiban berpuasa dan bersiap-siap menyambut Hari Raya. Kalian tentu tidak mau kan jatuh sakit pada saat Hari Raya??

Akan tetapi, masih banyak orang yang remeh dan belum menyadari pentingnya menjaga kesehatan di bulan yang suci ini. Oleh karena itu, manfaatkan situasi ini ya! Kalian bisa membagikan konten-konten yang memberikan informasi seputar tips menjaga Kesehatan di bulan Ramadan agar bisa menjalankan puasa dengan baik.

Baca juga :   Artificial Intelligence dalam Digital Marketing

Hiburan Jelang Buka Puasa

Menampilkan konten-konten hiburan juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dibagikan ke sosial media pada saat bulan Ramadan. Karena mengingat banyak orang akan menghabiskan waktunya dengan bermain handphone sambil menunggu waktu buka puasa tiba. Kalian bisa merekomendasikan hiburan-hiburan yang bisa dinikmati jelang buka puasa, seperti rekomendasi film dan serial, rekomendasi channel Youtube dan sebagainya.

Konten-konten hiburan semacam itu tentu akan menarik perhatian banyak audiens. Apalagi menunggu adalah sesuatu yang membosankan. Jadi, akan terasa menyenangkan apabila mengonsumsi hal-hal jenaka untuk ngebuburit sambal menanti datangnya buka puasa.

 

Inspirasi Lain Konten Ramadan

Simak sampai habis untuk mengetahui berbagai inspirasi konten saat bulan Ramadan yang bisa kalian coba:

Membuat Konten Bertemakan Hal-Hal Positif

Ramadan merupakan bulan suci yang sarat akan kebaikan. Konten-konten yang memberikan nilai positif tentu sangat cocok untuk dibagikan di bulan ini. Tema positif yang bisa kalian ambil bisa tentang kebersamaan, karunia atau berkah, pengembangan diri, berbuka puasa, serta nilai-nilai kemanusiaan lainnya.

Memperhatikan Kata Kunci yang sering Dicari

Pencarian kata kunci seputar hal-hal spiritual seperti doa, zakat serta donasi tercatat cenderung akan meningkat saat Ramadan. Selain hal-hal spiritual, pencarian lainnya yang juga mengalami peningkatan adalah seputar kegiatan seperti memasak, kecantikan, serta gaming.

Selain kedua hal di atas, ternyata intensi orang-orang untuk membeli sesuatu juga justru meningkat saat Ramadan. Mungkin banyak orang yang belanja sebagai persiapan menjelang Hari Raya. Oleh karena itu, agar konten kamu memiliki engagement rate yang tinggi, jangan lupa untuk menggunakan kata-kata kunci yang laris ya!

Menggunakan Musik Suasana Ramadan

Jika kalian menggunakan konten berupa video, maka akan lebih menarik apabila kalian menggunakan backsound lagu-lagu yang menggambarkan suasana Ramadan yang rukun dan damai. Musik ini juga akan menambah nuansa dan membuat konten  menjadi lebih spesial di mata audiens. Selain itu, penyampaian pesan atau informasi dalam konten akan terasa lebih kuat karena didukung dengan musik yang sesuai.

Baca juga :   Ide Reels Instagram yang Menarik

Menjalin Kolaborasi

Menjalin kerja sama dengan content creator atau influencer juga menjadi pilihan yang sangat baik. Influencer atau content creator yang terkenal akan menarik banyak audiens untuk mengunjungi konten yang kalian bagikan sehingga bisa menaikkan engagement rate konten secara signifikan. Kalian juga akan mendapatkan audiens atau bahkan followers baru yang berasal dari creator tersebut dan begitu juga sebaliknya.

Membuat Konten seputar Covid-19

Saat ini, hampir seluruh negara di belahan dunia sedang berjuang memerangi virus Covid-19, termasuk negara kita. Akibat pandemi ini, banyak aktivitas khas bulan Ramadan yang tidak bisa kita lakukan sebagaimana biasanya, seperti salat tarawih, buka puasa bersama hingga mudik ke kampung halaman. Banyak orang yang menjadi kurang bersemangat dan menjalani moment Ramadan dengan berat hati karena efek dari pandemi ini.

Oleh karena itu, konten yang memicu emosi adalah pilihan yang tepat. Bagikanlah konten yang membahas pandemi Covid-19 di negara kita. Namun, kaitkan isi konten tersebut ke hal-hal positif, seperti mengajak audiens untuk tetap bersyukur dan menaati protokol kesehatan mengingat korban pandemi yang sudah banyak. Atau kalian bisa mengangkat konten edukasi perilaku bersih-sehat yang bisa audiens lakukan agar terhindar dari virus Corona, dan masih banyak ide lainnya.

 

Itulah tadi informasi seputar ide konten Ramadan yang bisa kalian pertimbangkan untuk menarik perhatian audiens dan menarik followers baru. Selamat mencoba!

Hotmaria S