G Suite for Education

G Suite for Education dan Manfaatnya

Manfaat G suite untuk Pendidikan

Belajar online sama halnya dengan belajar offline, ada suka dan ada dukanya juga. Ketika belajar online harus menggunakan jaringan internet, maka ketika jaringan internet terputus disitulah dukanya belajar online. Seiring perkembangan zaman, belajar online menjadi sangat mudah dengan hadirnya platform-platform dari google.

Salah satu platform google yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran secara online adalah G Suite.

Dengan diterapkanya belajar online, maka akan membuat siswa untuk berfikir lebih kritis lagi. Selain itu, belajar online juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih mandiri tanpa adanya seorang pengajar yang mendampinginya secara langsung.

Apa itu G suite for Education?

G suite for Education merupakan layanan dari Google yang berbentuk perangkat atau platform dengan menggunakan system google cloud. Layanan ini dibuat untuk sekolah dan lembaga pendidikan dengan tujuan untuk memudahkan system pembelajaran.

 

Layanan G Suite for Education

G suite for Education memiliki beberapa layanan yang dapat digunakan untuk pembelajaran, sebagai berikut:

  1. Google Classroom

Google Classroom merupakan salah satu layanan dari G Suite for Education. Layanan ini merupakan sebuah layanan yang dapat digunakan oleh pengajar dan murid untuk pembelajaran dimana pengajar dapat membuat kelas, membagikan tugas kepada seluruh siswa, dan memberikan saran. Media ini sangat memiliki peran yang penting dalam Go Green karena pembelajaran tidak menggunakan kertas sebagai media pembelajaran.

 

  1. Gmail

Dengan menggunakan G Suite for Education, kalian dapat mendapatkan fasilitas email dari Google dengan kapasitas 30 GB. Kalian dapat membuat akun gmail dengan menggunakan lembaga pendidikan atau instansi tempat kalian belajar. Namun jika kalian menggunakan G Suite for Education nama email akan berbeda dengan nama email pada umumnya, akun gmail biasa formatnya nama@gmail.com jika menggunakan G Suite menjadi nama@namasekolahankalian.sch.id atau nama@namakampus.ac.id

Baca juga :   Apa itu Facebook Ads?

 

  1. G Drive

G Drive merupakan media penyimpanan secara online yang dapat digunakan untuk menyimpan file secara aman. G Drive ini manggunakan teknologi yang di sebut cloud. Kapasitas penyimpanan pada G Drive unlimited atau tak terhingga. Jadi kalian bisa menyimpan semua file dan dokumen kalian di G Drive.

 

  1. Kalender

Kalender yang ada di G Suite for Education dapat digunakan untuk mengatur jadwal pembelajaran ataupun jadwal meeting kalian. Kemudian kalian dapat mengirimkan undangan meeting pada peserta hanya dengan mengirimnya via email.

 

 

 

  1. Google Hangout

Google Hangout merupakan salah satu layanan yang dapat digunakan untuk chat, video call baik personal maupun grup. Dengan demikian, kalian dapat melakukan pembelajaran tatap muka secara online dengan menggunakan layanan Google Hangout.

 

  1. Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide)

Google Office memberikan kemudahan baik bagi pengajar maupun bagi siswa. Dengan adanya Google Office ini, pengajar dan siswa dapat berkolaborasi secara online. Pengajar dapat membuat file berupa Docs (Word), Sheet (Excel), dan Slide (Powerpoint), dan siswapun dapat mengeditnya meskipun tidak berada pada satu tempat. Sebagai contoh, semisal guru atau pengajar memberi tugas pada siswanya untuk memberikan review tentang materi yang diunggahnya. Dalam waktu yang bersamaan menggunakan satu platform, siswa dapat memberikan review langsung pada materi yang telah diunggah.

 

  1. Google Site

Dengan Google Site seorang pengajar dapat membuat website untuk sekolah/instansi tempatnya bekerja. Selain itu, Google Site juga memungkinkan untuk mengatur isi kontennya, menunya, dan desain sesuai dengan keinginan. Google site juga dapat digunakan untuk menyampaikan pelajaran dalam bentuk teks ataupun video dengan cara mengunggahnya ke website yang telah dibuat menggunakan layanan Site.

Baca juga :   Manfaat Youtube Marketing Untuk Bisnis

 

  1. Google Vault

Google Vault memiliki fungsi yakni utnuk mengarsipkan semua data. Data-data yang diarsipkan berupa email, drive ataupuun chat. Sehingga dengan menggunakan Google Vault data-data kalian akan tersimpan dengan aman.

 

Melihat dari layanan-layanan yang ada di G Suite for Education dapat disimpulkan jika G Suite for Education memiliki manfaat yang sangat berarti dalam proses pembelajaran.

  1. Pengajar dan siswa dapat berkolaborasi

Dengan menggunakan layanan G Suite for Education pengajar dapat berkolaborasi dengan siswanya secara online. Baik pengajar maupun siswa dapat membuat, mengubah dan berbagi data dalam satu platform yang sama.

 

  1. Gratis

Layanan G Suite for Education merupakan layanan yang gratis. Jadi kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli layanan ini.

 

Selain memiliki manfaat, G Suite juga memiliki kelemahan yakni membutuhkan jaringan internet dan belum semua orang paham dengan penggunaan dan fungsi dari masing-masing layanan yang tersedia di G Suite for Education. Untuk itu sangat penting dilakukan sosialisasi khususnya kepada pengajar dan siswa terkait penggunaan dan fungsi dari masing-masing layanan yang tersedia di G Suite for Education.

Dengan demikian semua bisa menggunakan dan menikmati layanan G Suite for Education dengan mudah. Sehingga proses pembelajaran yang dilakukan secara online dapat terlaksana dengan baik tanpa ada kendala.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang mencari informasi mengenai G Suite for Education.

Terimakasih sudah membaca. J

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Baca juga :   Pengertian Dari Email Marketing

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂