Belajar di Rumah Menjadi Mudah Dengan Google Classroom

google classroom

Belajar di rumah merupakan salah satu cara yang diterapkan untuk para siswa, baik itu untuk siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah maupun perguruan tinggi. Hal ini bertujuan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona. Para siswa dihimbau untuk belajar dengan menggunakan system online.

Salah satu media yang digunakan untuk belajar di rumah secara online adalah Google Classroom. Google Classroom menjadi salah satu pilihan karena penggunaanya yang mudah. Google Classroom juga memungkinkan untuk kegiatan belajar dan mengajar menjadi lebih mudah, meningkatkan komunikasi, serta membangun diskusi antara pengajar dan siswa.

Dengan menggunakan Google Classroom, pengajar dapat membuat kelas, memberikan tugas, dan memberikan penilaian terhadap tugas yang diberikannya.

Pengertian Google Classroom

Saat ini sudah tak asing lagi bagi para pengajar dan juga siswa dengan Google Classroom. Media yang satu ini menjadi salah satu pilihan yang digunakan ketika belajar dengan system daring.

Google Classroom merupakan salah satu media pembelajaran yang memudahkan pengajar untuk membuat dan membagikan materi dalam satu platform.

Media ini juga sangat membantu gerakan go green. Hal ini karena para siswa tidak menggunakan kertas untuk media pembelajaran.

Selain itu, Google Classroom juga menyediakan perangkat gratis untuk menunjang kemudahan dalam pembelajaran seperti Gmail, Google Drive dan juga Docs.

 

Cara Penggunaan Google Classroom

Untuk menggunakan Google Classroom kalian harus mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Buka Crome di PC atau laptop kalian, lalu klik classroom.google.com.

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

 

 

 

  1. Selanjutnya, klit tanda pada samping tulisan Sign in. Lalu pilih Google Classroom

  1. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memasukkan akun Google Gmail kalian.
Baca juga :   Seminar Pemasaran Online Untuk Tingkatkan Omset

 

 

  1. Setelah kalian memasukan akun Google Kalian, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu klik continue (selanjutnya)

 

 

  1. Setelah itu, untuk melakukan pendaftaran atau gabung kelas klik tanda +pada pojok kanan halaman Google Classroom

 

 

  1. Selanjutnya, jika kalian adalah seorang pengajar maka pilih create class tetapi jika kalian adalah seorang siswa/mahasiswa maka pilih join class

 

  1. Untuk mengikuti kelas maka kalian akan diminta untuk memasukkan kode terlebih dahulu. Kalian dapat memintanya dari pengajar kalian agar kalian bisa bergabung dengan kelas yang sudah di buat oleh pengajar kalian.

 

Manfaat menggunakan Google Classroom

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menggunakan Google Classroom, sebagai berikut:

  1. Hemat waktu

Proses pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom sangat dapat menghemat waktu. Hal ini karena para siswa tidak harus datang langsung ke kelas ataupun mendownload materi yang diberikan oleh guru. Akan tetapi guru tinggal membuat kelas dan materi kemudian mendistribusikannya kepada siswa secara online.

 

  1. Go green

Dengan menggunakan Google Classroom, maka siswa dapat mengurangi penggunaan kertas sebagai media pembelajatan. Media pembelajaran yang satu ini sangat berperan penting terhadap lingkungan (go green). Hal ini karena pekerjaan bisa dikerjakan secara langsung di layanan Google Classroom.

 

  1. Pengaturan mudah dan cepat

Google Classroom sangat mudah dan cepat untuk digunakan. Pengajar dan juga siswa diharuskan untuk memiliki akun Google Gmail untuk pendaftaranya. Untuk dapat bergabung dengan kelas, pengajar haus membuat kelas dan membagikan kode kelas kepada peseta didik terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar siswa dapat mengakses kelas yang telah dibuat.

 

  1. Meningkatkan komunikasi dan kerjasama
Baca juga :   Seminar Pemasaran Online

Dengan belajar menggunakan Google Classroom, komunikasi dan kerjasama antara pengajar dan siswa lebih terjaga dan dapat meningkat. Pengajar dapat mengirimkan pemberitahuan kepada para siswa untuk memulai diskusi online. Kemudian siswa di arahkan untuk mengakses Google Classroom. Di layanan inilah antara pengajar dan siswa dapat saling memberikan umpan balik.

 

  1. Berbagi sumber dengan cepat

Pengajar dapat membagikan materi kepada siswa melalui Google Classroom dengan sangat cepat. Sehingga siswa dengan sangat mudah untuk mengakses materi yang diberikanya.

 

Nah, dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa Google Classroom memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk pengajar namun juga untuk para siswa. Akan tetapi Google Classroom juga memiliki sedikit kekurangan yakni jaringan internet. Media belajar yang satu ini membutuhkan jaringan internet untuk penggunaanya.

 

Terimakasih sudah membaca. Semoga artikel ini bermanfaat. J

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂

Baca juga :   Peran copywriting