Contoh Analisis SWOT Bisnis Online Shop Untuk Strategikan Bisnismu

Contoh Analisis SWOT Bisnis Online Shop

Contoh Analisis SWOT Bisnis Online Shop. Apa jadinya bisnis jika tanpa perencanaan? Mungkin bagi sebagian orang tidak begitu perlu dengan yang namanya perencanaan. Namun bagi sebagian lagi, hal ini merupakan sebuah kewajiban yang harus ia lakukan agar bisnisnya berjalan sesuai arah yang diharapkan.

Suatu bisnis yang jalan tanpa perencanaan, maka akan banyak faktor yang luput sehingga akan susah mengendalikannya. Apalagi bisnis itu berskala besar yang butuh perencanaan tidak hanya jangka pendek, tetapi juga jangka panjang. 

Sebagai  pebisnis online berskala menengah dan mikro, ternyata mempunyai perencanaan adalah suatu keharusan juga. Sebab di masa sulit dan pandemi ini, situasi cenderung tidak dapat diramalkan. Bahkan banyak bisnis yang harus gulung tikar karena gagal dalam merencanakan strateginya. Tentunya kamu tidak ingin juga kan bisnismu mengalami hal serupa?

Untuk itulah kami akan bagikan kepada Sobat KDJ semua tentang contoh analisis SWOT Bisnis online shop. Dari contoh ini mungkin dapat kamu hubungkan dengan keadaan bisnismu, sehingga kelak kamu dapat menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat. 

Analisis SWOT ini merupakan salah satu saja cara kita untuk memahami strategi sebuah bisnis. Lalu apa sih yang disebut dengan analisis SWOT itu? Simak ulasan di bawah ini. 

Apa itu Analisis SWOT?

Buat kamu yang tidak terbiasa dengan manajemen mungkin akan sulit mendefinisikan apa itu analisis SWOT. Jadi SWOT ini adalah senjata yang sering dipakai oleh manajer perusahaan ketika merencanakan nasib perusahaannya ke depan. 

SWOT itu merupakan kependekan dari beberapa kata, seperti Strength (kekuatan/kelebihan), Weakness (kelemahan/titik lemah), opportunities (peluang), serta threats (ancaman). Keempatnya pasti ada dalam bisnis kita. Maka dari itu kita harus membuat list dari masing-masing poin untuk mengatur bisnis sehingga tidak bangkrut dan mengalami kemunduran.

Kami akan berikan penjelasan kepadamu tentang penerapan analisis SWOT pada bisnis online shop buatmu. Nantinya kita akan membahas juga beberapa contoh analisis SWOT bisnis online shop. Nah, jika kamu sudah paham apa itu analisis SWOT, maka selanjutnya kita akan menerapkan analisis tersebut di dalam bisnis online yang kita jalani selama ini. Berikut adalah penerapan analisis SWOT pada bisnis online Shop 

Menerapkan Analisis SWOT pada Bisnis Online Shop

Setidaknya ada empat poin penerapan analisis SWOT pada bisnis online shop. Keempat poin berikut ini akan menjadi tuntunan dalam menyempurnakan bisnis. Lalu bagaimana penerapan analisis SWOT pada bisnis online shop secara sederhana; 

Pertama kali kita harus sadar bahwa sehebat-hebatnya bisnis kita pasti mempunyai kelemahan dan kelebihan. Baru di situlah kita dapat membuat list untuk masing-masing point.

  • Strength (kekuatan)

Inti dari analisis kekuatan ini adalah agar kamu tahu seberapa kekuatan bisnismu dan faktor apa yang membuat bisnismu itu kuat dan mampu bertahan. Jadi ketika membuat analisis SWOT, maka sebutkan apa saja yang membuat bisnismu hebat. 

Strength ini bisa saja berasal dari faktor modal, strategi pemasaran, ataupun sumber daya yang kita punyai. Di sinilah letak poin yang harus kita perhatikan betul agar ketika mengembangkan bisnis nanti, kita tahu mana yang harus dipertahankan dan mana yang harus diperbaiki.  

  • Weakness (kelemahan)

Lalu poin selanjutnya yang tidak kalah penting adalah kita harus memetakan kelemahan atau weakness. Jadi kelemahan ini adalah hal-hal yang tidak kita punyai dalam bisnis kita. Misalnya adalah kurangnya stok barang, atau kekurangan jam kerja misalnya. 

Tuliskan saja kelemahan itu secara jujur agar kamu tahu apa yang harus diperbaiki dalam bisnismu. Sebab kalau kita tidak jujur terhadap diri sendiri akan menyebabkan masalah itu tak terselesaikan dan justru mengganggu stabilitas di kemudian hari. 

Misalnya kelemahan itu di antaranya adalah kurangnya tenaga untuk mengurus marketplace, jarang posting, dan lain sebagainya. Namun ingat, tugas kita di sini barulah menuliskannya. Jadi tidak perlu terburu-buru untuk menyelesaikan karena itu sudah ada waktunya sendiri. 

  • Opportunities (peluang)

Kemudian poin selanjutnya adalah peluang atau opportunities. Ini adalah hal-hal yang tak kita miliki, namun bisnis kita terbuka untuk mendapatkannya. Di dalam analisis SWOT, opportunities ini seringkali orang lupakan. Padahal jika kita mampu merumuskan peluang secara jeli maka akan menaikkan kapasitas bisnis secara drastis. 

Misalnya opportunities dalam bisnis online shop di antaranya adalah peluang mendapatkan tambahan reseller sebanyak 100 tiap bulan, peluang untuk menyasar target pasar baru, peluang mendapatkan supplier dengan harga yang lebih murah, dan lain sebagainya.

  • Threats (ancaman)

Lalu poin terakhir yang harus kita pahami adalah bahwa setiap bisnis pasti ada ancaman baik itu dari luar maupun dalam. Threats ini merupakan sinyal agar kita senantiasa memperhatikan gerak-gerik customer ataupun kompetitor. 

Pebisnis yang baik akan mempersiapkan kekuatannya guna melawan semua threats tersebut. Jad antara ancaman dan kelebihan itu saling berkelindan di sini. Jika kamu ingin tahu apa saja ancamannya adalah dengan melakukan riset pasar dan riset kompetitor.

Riset  pasar mungkin sudah banyak yang tahu, seperti dengan melihat kecenderungan daya beli masyarakat, dan lain-lain. Sedangkan cara untuk riset kompetitor adalah dengan melihat harga, kualitas barang, dan pasar dan kompetitor itu sendiri. 

Dari sana kamu akan mendapatkan apa saja yang menjadi threat atau ancaman itu. 

Okee, kita sudah bahas bersama tentang apa saja contoh analisis SWOT Bisnis online shop. 

Lalu bagaimana jika keempatnya kita jadikan contoh secara riil agar kita tak lagi mengawang-awang? 

Oke, kalau begitu mari kita baha contoh ide dan peluang usaha berdasarkan SWOT dulu agar semakin paham dengan perencanaan bisnis. 

Contoh Ide dan Peluang Usaha Berdasarkan Analisis SWOT

Jika kamu belum punya produk untuk berjualan online, maka lihatlah analisis SWOT yang ada di sekitarmu untuk merencanakan bisnis. Misalnya adalah dengan melihat potensi, kekurangan, kelebihan, dan ancaman yang ada di daerahmu. Ini akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan 

Contoh Analisis SWOT Usaha Kecil

Hal yang tidak kalah penting ketika merencanakan bisnis adalah dengan membuat contoh analisis SWOT usaha kecil/ Siapa bilang hanya perusahaan besar yang bisa bikin SWO? Kita juga harus punya dong. 

Berhubung biasanya sobat KDJ di rumah sering menawarkan produk dalam bentuk barang kepada customer, maka kita boleh membuat contoh analisis SWOT suatu produk saja. Jadi kita melihat potensi, kelebihan, dan kelemahan suatu produk itu jika kita jual di daerah kita. Inilah contoh analisis SWOT suatu produk. 

Simak juga : Ide Usaha di Depok yang Menggiurkan

Contoh Analisis SWOT Suatu Produk

  • contoh analisis SWOT usaha sepatu

Jika kamu berniat jualan sepatu di suatu daerah misalnya, maka kamu harus lihat potensi, kelebihan, kekurangan, dan ancaman jika berjualan sepatu di sana. 

Contoh analisis SWOT usaha sepatu adalah sebagai berikut;

Kelebihan : 

  • daerah XYZ merupakan daerah banyak mahasiswa dan pelajar yang tidak tahun ajaran baru pasti butuh sepatu. 
  • Sepatu yang dijual adalah sepatu branded yang murah dan cocok untuk digunakan sehari-hari. 

Kekurangan :

  • Di masa pandemi butuh digital marketing, sementara saya belum membuat platform online shop untuk berjualan. 
  • Intensitas belajar tatap muka masih minim sehingga pelajar belum butuh sepatu.

Potensi :

  • Banyaknya permintaan sepatu dari luar daerah. 
  • Setelah ini merupakan momen sekolah tatap muka, maka akan banyak orang beli sepatu baru. 

Ancaman :

  • Banyaknya pesaing bisnis sepatu. 
  • Masih belum stabilnya supplier karena efek ekonomi di masa pandemi. 

Itulah salah satu contoh analisis SWOT usaha sepatu yang tentunya dapat kamu terapkan pada bisnismu sendiri. Jika artikel tentang contoh analisis SWOT bisnis online shop bermanfaat untukmu, maka lekas terapkanlah. Semoga dapat menjadi inspirasi.

Pengunjung juga mencari:

  • Bisnis Online
Baca juga :   Kesalahan Berjualan Di Instagram Ini Wajib Kamu Hindari Sebelum Telat