CMS Website yang Paling Populer

CMS Website yang Paling Populer

CMS Website yang Populer – Jadi apa sih yang dimaksud dengan CMS? Nah, CMS ini adalah singkatan dari Content Management System. Ini merupakan platform yang khusus dirancang oleh pengembangnya untuk memudahkan building sebuah website. Jadi kalau dulu kita harus belajar pemrograman untuk menjalankan sebuah web, maka kini kita tinggal memanfaatkan CMS. Jadi posting di website kini tinggal semudah memposting di sosial media.

Nah, jika kamu ingin membangun web yang skala nya tidak terlalu besar maka lebih baik menggunakan CMS saja. Sebab selain menghemat biaya juga akan lebih menghemat waktu juga. Kamu tidak usah kuatir tentang apa saja CMS yang bisa anda manfaatkan. Sebab di sini akan kami bagikan 10 CMS Website yang populer di Internet dan banyak digunakan oleh orang di dunia.

Untuk lebih lengkapnya simak CMS Website yang paling populer berikut ini.

Content Management System Terpopuler

  • Joomla

Pilihan CMS Website yang paling populer pertama adalah Joomla. Jadi jika kamu ingin mendesain website toko online shop maka joomla ini salah satu yang bisa menjadi jawabannya.

Jadi memang joomla tak seterkenal wordpress. Namun tahukah anda jika joomla ini penggunanya sudah 1,5 juta yang ada di seluruh dunia. Jadi joomla ini sendiri statusnya sudah open source jadi anda bisa menggunakan versi lengkapnya secara gratis. Kelebihan lain dari joomla adalah platform ini sangat mudah untuk digunakan. Kastemisasinya semudah wordpress sehingga cocok untuk anda yang pemula.

 

  • Blogger

Blogger merupakan CMS Website kepunyaan dari google. Jadi ini sering digunakan untuk membuat website secara gratisan. Bahkan kita juga dapat membuat domain berbayar dari blogger ini. Blogger atau blogspot ini memang terkenal karena mempunyai tampilan yang simpel dan tidak belibet.

Persyaratan jika ingin menjadi penggunanya adalah anda harus mendaftar dan memiliki akun google aktif. Jika anda menggunakan domain gratisan maka akan mendapatkan domain bertuliskan “.blogspot.com” di bagian akhirnya. Namun jika kamu mengupgradenya menjadi premium maka akan menjadi domain berbayar pada umumnya.

  • WordPress

Kemudian kita akan berkenalan dengan CMS Website yang paling populer dan tidak ada tandingannya yakni wordpress. Jadi wordpress ini sudah open source ya sobat. Sehingga semua orang bisa menggunakannya asalkan sudah mendaftar. Bahkan jika anda menggunakan versi yang berbayar akan lebih banyak fitur yang anda dapatkan. Dan kabar baiknya adalah wordpress saat ini menjadi CMS dengan pengguna paling banyak di seluruh dunia.

Baca juga :   Harus Tahu! Apa Keuntungan Dropshipper

Kalau kamu menggunakan wordpress versi berbayar maka kita bisa makin mudah mengelola website. Sebab wordpress mempunyai tools yang sering disebut sebagai plugin.  Dengan plugin ini anda dapat memposting, mengedit halaman, mengubah tampilan, hingga menambahkan video pada halaman website. Yang terbaru bahkan anda bisa memakai wordpress untuk membangun  website toko online berbasis e commerce. Jadi nantinya web kamu sudah bisa melakukan check out di dalamnya. Cukup menarik bukan fitur dari wordpress ini? Maka dari itu segeralah gunakan wordpress.

Untuk biaya menggunakan wordpress berbayar ini cukup mudah saja. Kamu hanya tinggal menyewa hosting dan domain nanti pasti akan diberikan layanan instalasinya.

  • Drupal

Kemudian CMS Website yang paling populer selanjutnya adalah drupal. Kalau anda tahu jadi drupal ini pada dasarnya juga sudah open source alias bisa digunakan secara gratis. Anda hanya perlu mencari web hosting gratisan dan domain sendiri nanti sudah bisa mengotak-atik tampilan dari dasbor drupal.

Jadi drupal ini cocok untuk website dengan tipe traffic yang tinggi dan konten yang rumit di dalamnya. Sebab drupal memang didesain untuk anda yang terbiasa memposting banyak konten dalam satu hari. Kalau anda ingin menggunakan drupal, maka harus belajar secara khusus karena drupal memang terkenal lebih sulit dioperasikan daripada CMS lainnya.

  • Wix

Lalu selanjutnya adalah wix. Ini merupakan CMS yang memungkinkan bisa membangun website dengan mudah dan tentunya gratis. Sekarang pengguna wix sudah ada sekitar 4 jutaan orang di seluruh dunia. BIasanya pengguna wix adalah para profesional dan para bisnisman yang membutuhkan platform untuk pemasaran.

Kemudahan yang ditawarkan oleh wix untuk paket premium adalah anda tidak perlu lagi menyewa hosting dari pihak ketiga karena wix memberikan include hosting dan domain berbayar di samping dasbor berbayar mereka. Hal ini berbeda dengan joomla dan juga wordpress yang mengharuskan kita sewa domain dari pihak ketiga

Baca juga :   Efek Membeli Followers Instagram Bagi Akun Kamu Ke Depannya

 

  • Squarespace

Lalu cms website yang paling populer selanjutnya adalah squarespace. INi merupakan CMS yang memungkinkan kita untuk membangun blog, bisnis, toko online dan landing page. Namun untuk penggunaan di Indonesia masih kurang populer ya sobat.

Namun kelebihan dari squarespace adalah operasionalnya yang mudah serta interface atau tampilannya yang mudah dipahami. Anda juga bisa melakukan drag untuk mengatur posisi konten di dalam dasbor squarespace. Jadi memang platform ini khusus untuk mereka yang pemula namun ingin membangun bisnisnya sedemikian rupa di google atau mesin pencari.

 

  • Edublog

Lalu yang ingin kami kenalkan selanjutnya adalah edublog. Ini sebenarnya penggunanya lebih sempit daripada blog biasanya. Sebab edublog merupakan platform untuk diskusi antara guru dan murid. Namun di sini guru bisa melakukan posting di platform selayaknya di sebuah media blogging. Di situ nanti anak-anak didik bisa mengkomen dan juga share postingan yang telah dibuat oleh guru.

Bahkan jika disetting, para orang tua juga bisa melihat hasil diskusi tersebut serta melakukan penilaian lho. Meskipun terbatas untuk kegiatan pembelajaran, nyatanya edublog ini juga digunakan untuk hal-hal edukasi lain seperti di dunia marketing maupun bisnis. 

  • Shopyfy

Kemudian ada juga CMS yang memang khusus peruntukannya untuk membangun sebuauh toko online. Kita bisa membuat toko online dengan berbasis e commerce di sini. Fitur manajemen dan juga pembayarannya juga lengkap lho di shopify ini jadi anda tidak perlu khawatir mengembangkannya lebih lanjut dengan membeli tools yang berbayar. Sebab semua fiturnya sudah komplit ada di sini.

Memang fiturnya kita tak perlu menambahkan lagi. Namun untuk menggunakan shopify ini anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Memang platform ini dibangun untuk anda yang sudah seattle di bisnis online dan butuh platform yang terintegrasi. 

Baca juga :   Pelatihan Digital Marketing Jogja yang Eksis Menemani Sejak 2014

 

  • Get Simple

Mari kita beranjak ke CMS berikutnya yakni Get Simple. Jadi ini merupakan platform yang sangat mudah dan gratis untuk kita operasikan. Anda tidak perlu atau membutuhkan device yang tinggi untuk menggunakan platform ini. Sebab memang get simple didesain untuk CMS Website berskala kecil. 

  • Zimplit

Kemudian jika anda menginginkan hosting murah yang gratisan pun maka anda bisa gunakan zimplit. Ini adalah CMS dengan status open source. Di sini anda bisa mengedit konten tanpa anda harus akses administrator. Bedanya dengan versi berbayar adalah jika di versi berbayar anda bisa menghilangkan tulisan zimplit. Untuk itu anda harus membayar sebanyak 29 Dollar amerika setiap bulannya.

Kita bisa menyimpulkan bahwa setiap CMS mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kita harus kembali kepada kebutuhan masing-masing dari kita ketika dihadapkan pada sekian banyak CMS tersebut. Jika kebutuhan anda hanya untuk konten maka wordpress dan blogger adalah yang terbaik. Namun jika anda ingin bangun toko online maka bisa menggunakan joomla atau shopify. Itulah tadi CMS Website yang paling populer versi Kampus Dosen Jualan. Semoga bermanfaat.