Cara Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Cara Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Cara Menjadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil – Waktu terus berputar tiada henti, meski begitu pandemi ini masih terus berotasi mengitari kehidupan kita. Namun impian kita menjadi seorang pengusaha yang sukses tidak boleh luntur begitu saja hanya karena efek pandemi yang tak kunjung usai. Justru inilah waktu yang tepat untuk kita bangkit dan menjemput rezeki. Sebab di masa pandemi ini ada banyak potensi bisnis yang tidak sempat terpikirkan orang. 

Setelah ini saya akan memberikan sedikit info atau ilmu tentang Cara Menjadi Pengusaha Sukses  dengan Modal Kecil Melalui Jalur Reseller. Meskipun setiap kesuksesan itu tergantung masing-masing individunya, namun kita akan memberikan contoh bagaimana setidaknya menjadi reseller yang benar-benar menguntungkan. Baik menguntungkan untuk kantong pribadi ataupun untuk menyiapkan modal selanjutnya. 

Mungkin sedikit tips dan cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil jalur reseller berikut ini akan bermanfaat untuk kamu yang masih pemula dalam berjualan online. 

Cara Menjadi Pengusaha Pemula Sebagai Reseller? 

Mungkin di antara kita masih banyak nih yang bingung kenapa Reseller bisa menjadi salah satu jalur menjadi pengusaha sukses?. Tentu saja bisa. Sebelum membahas tentang cara menjadi seorang pengusaha sukses, terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana cara menjadi seorang reseller bisa membuat kesuksesan yang menjanjikan.

Tapi sebenarnya apa sih arti dari reseller itu sendiri? Reseller dapat diartikan sebagai seseorang “Penjual Kembali”. Lebih jelasnya adalah suatu kelompok perusahaan atau individu perorangan yang membeli barang atau jasa dengan tujuan untuk bisa menjualnya kembali. Bukan untuk menjadi konsumsi atau menggunakan untuk diri sendiri, melainkan untuk dijual kembali supaya mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut.

Baca juga :   Produk yg Laris Setelah Lebaran Ini Bisa Jadi Pembuka Pintu Rezeki

Sistem reseller memang cara pebisnis pemula memulai bisnis online. Jalu reseller memang terkadang disepelekan orang. Namun tahukah kamu kalau cara menjadi pengusaha pemula dengan sistem reseller berikut ini memang ampuh untuk kamu terapkan di bisnis online dan benar-benar menguntungkan? 

Salah satu penyebab menjadi reseller menguntungkan adalah kita dapat memulai bisnis tanpa modal lho. Kalau membuka bisnis lain mungkin kita butuh  modal, namun di sistem reseller ini kita dapat menerapkan cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil. Yuk simak dulu cara usaha sukses tanpa modal berikut ini;

Kamu juga boleh baca dulu tentang perbedaan reseller dan dropshipper dalam bisnis online berikut ini.

Cara Usaha Sukses Tanpa Modal dengan Jalur Reseller

Seorang reseller membeli barang dari mana saja, bisa melalui produsen, supplier, distributor, agen, grosir hingga reseller lainnya. Kemudian, seorang reseller melakukan stock berbagai barang atau persediaan yang akan dijual kembali. Barang tersebut di promosikan dan kembali dijual dengan harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan harga awal yang dibeli oleh reseller tadi.

Oleh karena itu, menjadi seorang reseller tentunya memerlukan sedikit modal agar kita dapat memiliki stok barang sehingga persediaan barang lebih terjaga. Seperti yang kita ketahui juga bahwa semakin banyaknya online shop ini membuat para konsumen mulai melihat toko online sebagai salah satu pilihan untuk mereka saat berbelanja.

Namun tak dapat kita pungkiri bahwa saat ini tidak sedikit dari sebuah perusahaan atau toko online shop yang memberikan tambahan kemudahan untuk para reseller nya. Kemudahan nya berupa seorang reseller tidak perlu memiliki stok barang dalam jumlah tertentu.

Sebenarnya sistem  tanpa stok ini bisa memudahkan pihak reseller, namun juga bisa jadi malah menyusahkan. Sistem tanpa stok ini bisa disebut sebagai Sistem Dropship. Kemudahan nya adalah setiap yang melakukan cek stok barang, packing maupun yang melakukan pengiriman adalah pihak penyuplai. Namun susah nya adalah jika terkadang pihak penyuplai itu mempunyai balasan chat yang sangat slow respon.

Baca juga :   Menimba Ilmu di Sekolah Bisnis Online Terbaik?

Belum lagi jika ternyata ada barang yang kelewat dari QC dan ternyata ada kecacatan, noda, kejadian barang belum sampai, dan banyak lagi deh pokok nya. Tapi semua kembali pada masing masing pihak ya.

Seorang reseller pun dapat mengoptimalkan bisnisnya dengan melakukan promosi melalui berbagai macam media seperti blog, website, sosial media dan lainnya. Sehingga lebih banyak orang yang dapat menjangkau pemasaran produk tersebut.

Keuntungan Menjadi Reseller

Sebenarnya ada banyak sekali keuntungan menjadi reseller. Tentunya ini akan membuatmu semakin bersemangat untuk menjual produk kepunyaan orang lain. Dan beberapa keuntugnan menjadi reseller berikut ini sekiranya akan membuatmu bangga bahwa tidak semua orang dapat menjalankan bisnis reseller. Inilah beberapa keuntungan menjadi reseller yang harus kamu tahu;

  • Dapat menjual kembali barang dengan lebih leluasa, karena reseller memiliki stok barangnya sendiri sehingga tidak lagi bergantung sepenuhnya kepada supplier. Dengan begitu reseller juga dapat menjawab pertanyaan konsumen dengan lebih cepat terkait stock barang yang tersedia.
  • Dapat lebih profesional dalam melakukan pelayanan. Maksud dari pelayanan profesional adalah bisa mengetahui dan memiliki stok sendiri dengan lebih detail mengenai kondisi, stok, harga barang serta barang itu tersedia atau tidak.
  • Dapat memperoleh keuntungan yang lebih tinggi karena biasanya reseller akan mendapatkan potongan harga yang lebih besar daripada keuntungan dropshipper. Wajar karena reseller dituntut untuk membeli barang sesuai yang disepakati oleh supplier.
  • Membutuhkan modal awal yang sebenarnya tidak sedikit
  • Harus menyiapkan tempat atau gudang untuk menyimpan stok barang
  • Ketika suatu barang Tidak laku (death stock) atau rusak, itu dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan
  • Melakukan banyak hal, mulai pemasaran, melayani pelanggan, pengemasan, pengiriman dan menerima keluhan
Baca juga :   Comma Separator Dosen Jualan Comeback, Bantu Kebutuhan SEO-mu

10 Tips Menjadi Pengusaha Reseller yang Sukses

Berikut adalah 10 tips menjadi pengusaha melalui jalur reseller yang sukses. Mungkin dari 10 tips menjadi pengusaha sukses berikut ini dapat menjadi bahan acuan kamu untuk mengembangkan bisnis lebi lanjut lagi. 

Memang ke 10 tips menjadi pengusaha sukses berikut ini khusus kamu buat yang menjadi reseller. Tapi tips berikut dapat kamu terapkan untuk bisnis lain juga, seperti dropshipper ataupun bisnis berupa toko online biasa. Inilah kesepuluh tips-nya;

  • Langkah utama yang tidak boleh kamu lupakan, bahwa setiap hal apapun yang kamu jalani terutama hal yang kamu ingin mencapai kesuksesan di dalam nya adalah selalu menyertakan Tuhan dalam setiap langkahmu
  • Karena seorang pemula belum memahami secara dalam mengenai produknya, tentu hal pertama yang bisa kamu lakukan ada dengan memahami produk yang akan dipasarkan
  • Lakukan dahulu riset produk yang menurutmu produk tersebut masih layak kamu jual. (mungkin kamu bisa menjual produk yang memiliki skema penjualan yang masih selalu stabil, produk yang menyesuaikan kondisi saat itu, atau produk yang sedang menjadi trend )
  • Membandingkan dengan produk produk lain yang serupa
  • Sudah berapa banyak banyak sebuah perusahaan atau reseller lain nya melakukan iklan produk tersebut
  • Berapa persen komisi yang bisa kamu dapatkan
  • Fasilitas apa yang kamu dapatkan apabila ikut bergabung menjadi seorang reseller

Yang terpenting baik itu menjadi reseller ataupun menjadi pengusaha apapun adalah kamu dapat berkomitmen, konsisten dan pantang menyerah saat membangun atau memulai usahanya, karena menjalani usaha itu tidak instan. Bagaimana? apakah anda siap mempraktekkan cara menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil? Buruan eksekusi dan terapkan tips di atas ya sob.