Cara Membuat Video Tiktok FYP

cara membuat video tiktok fyp

Cara Membuat Video Tiktok FYP – Selama ini kita sering heran kenapa konten orang lain bisa dengan gampangnya viral. Sedangkan kita sudah berusaha sekuat tenaga tapi yang nge-love Cuma satu dua saja, itupun Cuma teman-teman kita. Kalau begitu ceritanya, berarti ada yang salah dengan pemahaman kita mengenai algoritma tiktok. Jadi algoritma atau bahasa pemrogaman di setiap platform sosial media itu berbeda-beda yang nantinya akan menentukan konten mana yang akan UP atau viral. Kalau di tik tok kita menyebutnya sebagai FYP (For Your Page).

Kita dapat memperlakukan video yang akan diposting dengan beberapa hal. Cara berikut ini setidaknya boleh kamu coba untuk membuat video tiktok masuk FYP. Memang cara di bawah ini tidak menjamin kontenmu bisa viral di tik tok, tapi setidaknya formula berikut ini sudah sesuai dengan algoritma platform. Sehingga videomu sangat berpeluang besar untuk masuk ke dalam For Your Page. Berikut adalah tips membuat video tik tok FYP versi Kampus Dosen Jualan, Tempat Kursus Internet Marketing Terkeceh.

  1. Cara Masuk FYP Tiktok Cukup Berbekal Hape Android

Terkadang sebagai pemain baru di tik tok, kita masih ragu untuk jadi creator yang sebenarnya di platform ini. Langkah kita hanya setengah-setengah karena adanya mindset bahwa video yang masuk FYP hanyalah video dengan editing kelas dewa. Tapi ini salah besar, karena lima video pertamamu di akunmu sangatlah menentukan keberlanjutan akunmu selanjutnya.

Baca juga :   Cara Masuk FYP Tik Tok Tanpa Bantuan Akun Buzzer Ini Layak Dicoba

Oleh karena itu jangan pernah ragu untuk menjadi creator di tiktok sekalipun hanya berbekal hape android. Saat ini HP sudah dibekali dengan banyak aplikasi bawaan maupun installan yang dapat kita gunakan untuk setting postingan tik tok. Kamu dapat memaksimalkan beberapa hal di bawah ini untuk dapat menjadi bekal masuk ke FYP. Cara membuat video tiktok masuk FYP mudah kok, beberapa yang harus kamu perhatikan adalah hastag, jam upload, dan panjang video. Yuk simak penjelasan selengkapnya agar lebih siap masuk FYP.

  1. Hastag Agar Masuk FYP Tiktok

Sama seperti halnya dengan Instagram, ternyata hastag atau tagar sangat mempengaruhi performa postingan kita di tik tok. Hastag adalah ibarat kata kunci dalam sebuah website. Menjadi penentu bisa atau tidaknya video kita masuk ke FYP. Kadang bagi para pemain pemula seringkali lupa mengoptimalkan postingan dengan tagar. Atau sebaliknya, malah terlalu semangat dalam memasang tagar sehingga kebanyakan. Karena semua yang kebanyakan akan tidak baik. Buatlah tagar sebanyak 4-7 saja, karena itu sudah lebih dari cukup.

  • Hastag Tiktok Agar FYP Apa Saja Ya?

Cara agar hastag bisa memaksimalkan postinganmu adalah dengan merencanakan tagar dulu saat mengedit video. Kadang kita tidak tahu jenis video yang kita buat. Oleh karena itu tentukan dulu jenis videomu, apakah soal otomotif, kecantikan, mode, ataupun makanan. Kalau sudah jelas, tentu akan lebih mudah dalam menentukan tagar. Antara video dan tagar harus sesuai ya Sobat. Tiktok sangat tidak menyukai video yang tak relevan dengan tagarnya.

Tagar yang wajib kamu pakai ketika upload video di tik tok adalah hastag #FYP atau #foryou atau #foryourpage. Ini harus kamu sertakan di sela-sela tagar yang ada. Fungsi dari ini adalah untuk menaikkan atau mengelompokkan videomu di antara sekian juta video lain dalam satu menit. Kalau videomu sudah terkelompokkan tentu akan memudahkan dalam masuk FYP.

Baca juga :   Cara Meningkatkan Engagement Instagram 2022

Cukup mudah bukan cara membuat video tiktok masuk FYP? Tapi ini saja tidak cukup untuk menguatkan postinganmu. Karena di luar sana dalam waktu yang bersamaan ada jutaan video lain sainganmu. Kamu harus menentukan strategi untuk mengalahkan mereka. Lalu langkah apa saja agar video bisa nangkring di For your page orang lain? Kita lanjut yak.

  1. Jam Upload Tiktok Biar FYP

Agar kontenmu bisa tepat sasaran, dalam artian bisa hadir di saat yang tepat ke hadapan penonton, maka harus tahu jam-jam prime time di dunia maya.  Pada waktu tersebut, biasanya adalah traffic tertinggi orang-orang dunia maya membuka handphone mereka. Aplikasi tiktok juga mencatat derasnya pencarian orang-orang terhadap konten-konten tertentu. Ini adalah lahan basah buat kamu mengupload video. Pasti dari sekian juta postingan baru ada kemungkinan kontenmu termasuk di antaranya.

Kamu perlu perhatikan juga penulisan deskripsi ketika posting. Kita sering menyebutnya caption. Di sini juga menjadi kunci videomu ditonton orang atau tidak. Caption adalah penguat untuk postingan ketika videomu tidak cukup kuat awalannya. Biasanya penonton akan melihat awalan video lalu jika mereka tidak paham akan melihat deskripsi. Kalau deskripsimu bagus mereka akan lanjut tonton bahkan memberikan komentar di sana.

  • Jam Agar Masuk FYP Tiktok

Jam prime time di dunia maya saat ini adalah dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 13.00 serta pukul 19.00 malam. Rentang waktu tersebut sangat ramai dengan traffic pengunjung. Ini adalah lahan basah buat kamu yang ingin membuat videmu masuk ke dalam FYP. Di luar jam tersebut besar kemungkinan videomu hanya akan tertonton sedikit orang. Sebab kebanyakan orang pada jam tersebut sedang sibuk atau bekerja.

Baca juga :   Topik Blog yang Paling Diminati Agar Netizen Auto Sayang Sama Website Kamu

Seperti yang kita tahu bahwa tiktok adalah aplikasi yang gampang dinikmati karena banyak konten dan tidak menuntut para penonton untuk berfikir. Oleh karena itu banyak orang akan membuka tik tok ketika mereka luang. Maka dari itu, inilah pentingnya mengupload video ketika jam prime time.

  1. Jenis Konten Tiktok Harus Istiqomah

Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa lima konten pertama adalah kunci untuk performa akun selanjutnya. Kalau dalam lima postingan pertama tersebut kamu selalu membahas mengenai perilaku burung perkutut, maka usahakan postingan keenam dan seterusnya juga membahas soal perkutut, atau paling jauh soal burung.

Sama seperti sebuah website yang punya istilah niche, maka di tiktok juga ada keharusan untuk konsisten dengan tema. Akun yang gado-gado sangat tak tik tok sukai karena itu akan membingungkan mereka. Karena kebingungan akhirnya dia ngambek dan tidak mau menyarankan (FYP – kan) videomu ke penonton.

Juga jangan lupa untuk memperhatikan durasi video, ketika memposting. Penonton hanya memiliki fokus sekitar 7-10 detik saja, setelah itu mereka akan memutuskan apakah lanjut nonton atau skip. Oleh karena itu buatlah video dengan kisaran 13-17 detik saja atau sekali helaan nafas. Lebih dari itu videomu akan skip oleh penonton sehingga membuat jejak akunmu jelek sebab postingan tersebut tidak tertonton sampai habis.

Sekian beberapa cara yang bisa kamu coba membuat video tiktok agar FYP. Beberapa contoh di atas dapat menjadi pedoman kamu yang pemula dalam merintis sebuah akun tik tok yang FYP-able. Selamat berkreasi dan jadilah viral.