Cara Membuat Judul Esai yang Menarik Ala 6 Situs Terkenal

cara membuat judul esai yang menarik

Cara Membuat Judul Esai yang Menarik – Bagi yang suka baca artikel atau scrall-scroll pasti tahu jenis-jenis kepala tulisan artikel yang ada di banyak website terkenal di Indonesia. Kepala tulisan mereka begitu menggoda minat baca kita. Tanpa mengurangi rasa hormat, pasti penulisnya sudah tahu bagaimana trik menjinakkan mata pembaca dengan membuat kepala yang super memikat perhatian.

Apakah kita bisa merangkainya secara menarik  untuk mengisi website kita? Tentunya semua dapat kita pelajari. Tidak ada yang tidak mungkin di bawah bumi ini. Akan ada banyak manfaat apabila kita dapat membuat heading/kepala esai yang bagus. Karena kemampuan ini juga akan menular ke pembuatan heading yang lain, semisal video Youtube, konten jualan, ataupun konten yang lain. Lalu bagaimana cara merangkai kata yang pas untuk heading tulisan kita? Sebelum itu mari kita simak tips untuk menulis judul berikut ini;

Tips Membuat Judul Tulisan

Sebelum kamu menulis judul yang memikat, alangkah baiknya kita simak kriteria sebuah berikut ini;

  1. Jangan Lebih dari 8 Kata. Tidak ada aturan resmi mengenai ini. Namun ada baiknya kepala tulisanmu tidak lebih dari 8 kata agar dapat dibaca secara sambil lalu. Kalau heading kita sudah mbulet dan susah dipahami maka tidak akan ada yang tertarik.
  2. Usahakan Jangan Kalimat Pasif. Ini juga aturan yang tidak baku. Kalimat pasif itu haram bagi seorang penulis karena membuat pembaca susah menikmati tulisan.
  3. Jangan terlalu pendek. Kepala tulisan yang terlalu pendek juga akan menjadikan pembaca bingung. Maka buatlah judul yang jelas tapi juga singkat.
Baca juga :   Perbedaan Tiktok dan Snack Video , Kamu Pilih yang Mana?

Itu saja tips dalam menuliskan kepala tulisan agar enak dibaca oleh pembaca. Setelah kita mempunyai kepala tulisan yang pas, lalu kita akan beranjak ke tips merangkai heading esai yang menarik ala lima situs berikut ini;

Baca Juga : Topik Blog yang Paling Diminati Agar Netizen Auto Sayang Sama Website Kamu

Tips Membuat Judul Artikel yang Bagus Ala 6 Situs Web Terkenal di Indonesia

Penulis itu adalah orang yang mempunyai kebebasan dalam menuangkan ide-idenya. Kamu tidak boleh terpaku kepada enam website tersebut. Namun keenamnya dapat kita pakai sebagai contoh tips merangkai judul yang bagus, karena selama ini artikel-artikel mereka sudah teruji dapat memikat minat pembaca di Indonesia. Lalu bagaimana contoh heading artikel yang menarik ala mereka;

  1. Cara Menulis Judul Esai yang Nyentil Ala Mojok.co

Siapa yang tidak tahu dengan situs mojok? Situs yang digawangi oleh orang-orang dari Jogja ini ternyata adalah situs paling populer dewasa ini. Bahasanya sangat tidak formal dan penuh sentilan serta sindiran kepada pihak-pihak tertentu. Mojok adalah ibarat anak kecil yang serba lugu dan nakal yang serba mempertanyakan segala sesuatu dari kacamata kebenaran.

Inilah Mojok. Kita dapat meniru mereka dalam soal membuat judul artikel yang nyentil. Contohnya adalah sebagai berikut,

Gimana cukup satire dan nyentil bukan? Inilah gaya khas mojok sesuai dengan tagline nya yakni Sedikit Nakal, Banyak Akal. Kamu boleh meniru mojok yang membuat heading yang panjang dan nyentil. Ini judul esai yang cukup menarik di mata pembaca lho.

Cara menulis judul semacam itu memerlukan ketangkasan dalam berbahasa. Tapi apabila berhasil nantinya akan banyak sekali pengunjung yang datang ke website rumahmu, lho. Kuncinya adalah kamu harus sering membaca artikel semacam itu agar terbiasa bersilat bahasa dalam merangkai kalimat heading yang unik.

  1. Trik Membuat Judul Esai yang Memaparkan Fenomena ala National Geographic Indonesia

Tips selanjutnya dalam membuat kepala tulisan yang bagus adalah dengan meniru seperti yang dilakukan oleh National Gepgraphic Indonesia. NGI adalah situs web yang berfokus membahas mengenai persoalan lingkungan dan perubahan iklim. Setiap pembaca pasti akan tertarik begitu sekilas membaca judul dari NGI.

Baca juga :   Etika Sharing Di Media Sosial untuk Keharmonisan Dunia Maya

Trik dalam menulis kepala tulisan yang demikian adalah dengan memberikan atau menyisipkan fenomena tertentu atau terbaru di dalam heading tulisan kita. Berdasarkan contoh di atas kita dapat menyimpulkan bahwa sebuah fenomena yang jarang diketahui orang akan menarik perhatian mereka untuk membaca tulisan.

Judul tulisan model NGI tersebut membuat para pembaca akan gemetaran karena terkadang fenomena begitu menjadikan mereka takut. Heading tersebut jangan sampai jatuh kepada sebuah click bait karena rawan untuk menuju ke sana. Kita harus merangkai kepala tulisan berdasarkan fenomena yang ada.

  1. Tips Menyusun Judul Esai yang Kaya akan Data ala Vice Id

Kita pasti juga senang sekali menikmati sajian data dari vice.com. Situs website ini terkadang senang sekali menaruh data yang memikat di awal tulisannya. Misalnya  cara menulis judul yang menarik berdasarkan situs tersebut adalah seperti ini,

Tentunya data yang menjadi fokus pembaca adalah angka Sembilan yang ada di heading artikel tersebut. Lalu logika pembaca akan langsung mengkaitkan data berupa angka Sembilan tersebut dengan buronan yang sedang tertangkap. Ini adalah tips dari vice terkait menulis kepala esai yang menarik dengan cara menyisipkan data statistic.

  1. Cara Merangkai Judul Esai yang Berisi Statement Tokoh Ala Tirto id

Kita seringkali melihat heading semacam ini di portal-portal berita yang bertebaran di Internet. Kepala tulisan yang berisi statement seorang tokoh atau seorang publik figure tentu akan menarik perhatian pembaca. Contohnya adalah sebagai berikut;

Memang kebiasaan pembaca adalah mencari yang paling bagus dari sebuah esai yang ada di hadapannya. Sebuah pernyataan dari tokoh yang terpampang di awal tulisan adalah penarik yang paling ampuh bagi pembaca.

  1. Trik Menulis Judul yang Terdiri dari Poin-poin Ala Hipwee

Ini situs yang sangat digemari oleh generasi milenial saat ini. Berisi seputar life style dan mental healing. Jika kita sering datang ke website ini pasti akan sering melihat judul tulisan yang berisi tutorial atau poin-poin. Misalnya adalah sebagai berikut,

Baca juga :   Kenali Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaat SEO

Dengan memasang kepala esai yang terdiri dari poin-poin akan menjadikan pembaca senang karena mereka tahu apa saja yang akan dibahas. Selain itu heading ini juga mempermudah kita dalam menyusun kerangka tulisan lho.

  1. Tips Menulis Judul Tulisan yang Komparatif atau Perbandingan ala KDJ.COM

Ini merupakan cara membuat judul esai yang menarik menggunakan metode komparasi, atau memperbandingkan dua hal yang harus apple to apple. Dua hal itu kita perbandingkan biasanya terkait kualitas maupun perbedaan dan persamaannya. Artikel dari KDJ.COM berikut ini mungkin bisa menjadi contoh yang pas,

Dari contoh tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa heading tulisan yang memperbandingkan dua hal akan menjadikan pembaca merasa tertarik, karena kebiasaan mereka adalah membuat perbandingan atas dua hal. Tapi kamu harus ingat bahwa perbandingan itu harus sesuai. Jangan sampai kita membandingkan dua hal yang jauh, karena nanti akan terlihat konyol. Itulah cara agar pembaca geregetan sama isi tulisanmu.

Itulah tadi cara menulis judul esai yang menarik minat baca pembaca. Keenam situs tersebut mungkin bisa menjadi referensi kamu. Kalau masih susah dalam merangkai dan mengembangkan kepala esai atau heading maka kalian bisa belajar di Kampus Dosen Jualan Jogja. Di sini akan menyelenggarakan Sekolah Artikel pada bulan Februari 2021 mendatang. See you on the next month.