Inilah 5 Aset Digital Marketing Terpenting, Persiapkan Mulai Sekarang

Aset digital marketing terpenting

Aset Digital Marketing Terpenting –Istilah digital marketing sudah banyak kita kenal melalui internet, koran, ataupun televisi. Sudah banyak pelaku di dunia digital marketing, bahkan kita adalah salah satu pelaku di dunia digital marketing itu sendiri. Sehingga bolehlah kita menyebut diri sebagai digital marketer. Istilah digital marketing sering diartikan sebagai kegiatan memasarkan barang atau jasa secara online. Kegiatannya adalah memasarkan barang atau jasa, namun mediumnya secara online atau dunia maya. Karena memakai medium dunia maya maka jangkauannya lebih luas lagi, sehingga sering kita sebut sebagai digital network marketing. Digital network marketing adalah digital marketing yang sudah berskala luas dan global. Namun, kita akan membahas bisnis yang sering kita lakukan dalam skala menengah. Yaitu yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga yang berjualan popok misalnya. Ternyata mereka juga pelaku digital marketing lho.

Ada banyak aset digital marketing, harus kita pilih yang terpenting

Semua pelaku di dunia digital marketing tentunya berharap bisnisnya berjalan lancar tiada aral yang berarti. Tentunya ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap jalannya sebuah bisnis yang mengandalkan digital marketing. Seperti yang kita tahu, bisnis digital marketing banyak terpengaruh oleh invisible hand atau tangan-tangan tak kasat mata. Berbagai faktor seperti luck dan effort, sangat berpengaruh terhadap bisnis digital marketing. Eh, sepertinya masih ada satu faktor yang tidak kalah berpengaruh dalam kelancaran bisnis digital marketing. Apakah itu? Yak, itu adalah Aset Digital Marketing, atau kita sebut aset digital saja. Tulisan ini akan mengulas aset digital marketing yang terpenting buat bisnis yang kita jalankan.

Hampir semua pemain di dunia digital marketing mempunyai aset yang mereka manfaatkan untuk membangun bisnis. Tidak ada digital marketer yang tidak mempunyai aset, seberapapun kecilnya. Lalu perbedaan digital marketer yang lancar dan yang tidak adalah bagaimana mereka mengelola dan mempersiapkan aset digital marketing untuk menyambut momen keberhasilan itu. Terkadang ada banyak aset yang kita miliki, namun kita masih bingung untuk mulai mempersiapkan dan mengelolanya karena tidak tahu mana yang harus kita dahulukan. Tulisan ini akan memaparkan tentang lima aset digital marketing terpenting, yang harus kita persiapkan mulai dari sekarang.

Baca juga :   Tips Memulai Aktivitas di Hari Senin agar Lebih Produktif

Aset Digital Marketing Terpenting pertama adalah

  1. Website

Tahukah anda bahwa website adalah media yang sangat efektif untuk memasarkan baik barang ataupun jasa? Iya, website sangat efektif karena jangkauannya luas dan bisa menggunakan media apapun untuk pengisiannya, baik teks, gambar, maupun audio dan video.

Website yang anda miliki adalah aset yang sangat berharga. Apalagi website itu telah teroptimasi dengan baik dan memiliki ranking yang tinggi di Google. Apabila website anda rajin posting itu akan lebih baik lagi, karena telah mempunyai pelanggan setia atau pembaca setia. Jangan lupa isi websitemu dengan tulisan yang berkualitas agar traffc nya bagus di mata Google.

  1. Postingan Blog

Setiap digital marketer pasti pernah membuat blog, entah bertujuan untuk spam produk maupun untuk branding produk. Tidak ada salahnya kita membuat blog kemudian mengisinya dengan informasi seputar produk yang kita jual. Blog mempunyai kelebihan dalam membuat branding produk, salah satunya adalah kemudahannya untuk diketemukan di mesin pencari. Hari ini posting, hari ini juga postinganmu telah terindeks di Google. Begitulah ampuhnya blog. Namun tulisan yang di-up lewat blog tentunya akan mudah tergeser oleh kompetitor. Solusinya anda harus rajin-rajin posting dan membuat tulisan baru. Dengan begini,semua postinganmu akan menjadi aset digital yang sangat berharga. Sekali nama kita diketik, tentunya akan banyak muncul informasi di mesin pencari. Ini sangat memudahkan produk kita dikenal oleh orang.

Membangun Aset Digital haruslah pelan-pelan dan selektif sekali. Agar aset kita benar-benar aset yang baik

  1. Akun Media Sosial

Tidak jarang ada perusahaan yang melihat akun media sosial calon karyawannya terlebih dahulu sebelum menerimanya untuk bekerja. Memang, akun media sosial adalah salah satu aset digital marketing terpenting. Jangan sampai kita mempunyai reputasi aset digital yang buruk karena gegabah dalam memposting sesuatu.

Baca juga :   Belajar Google Ads, Modal Gak Ada Tapi Untung Berlipat Ganda

Segala yang kita posting nantinya akan terlihat oleh jutaan orang di luar sana. Kita harus benar-benar selektif dalam memilih konten yang akan kita post. Ada baiknya memakai bank konten atau jadwal konten untuk mengisi sosial media yang kita miliki. Jadwal konten akan sangat membantu juga untuk memaksimalkan engagement dari sosial media, sehingga dapat semakin efektif guna memasarkan produk yang kita miliki.

  1. Identitas Brand

Pernah denger nggak sama first impression? Iya ini tidak hanya berlaku dalam dunia asmara saja. Ternyata publik di dunia maya juga mengenal ini. Jadi pandangan pertama seseorang tentang produkmu sangat mempengaruhi dibeli atau tidaknya produkmu oleh mereka.

Oleh karena itu sangat kami sarankan untuk memilih logo yang gampang orang ingat. Juga jangan sampai kebanyakan ganti logo karena itu akan membuat brand kita menjadi bias dan susah orang untuk mengenalinya. Coba simak brand perusahaan besar pasti jarang sekali melakukan perubahan logo kecuali setelah berjalan puluhan tahun. Karena kita tidak bisa mengganti logo sembarangan, maka pikirkan  matang-matang logomu sebelum menjadi brand resmi. Lakukan teknik bench marking untuk melihat logo kompetitormu. Kamu harus mempunyai kekhasan daripada yang lain ya.

Semua pengelolaan aset digital juga harus berjalan secara simultan agar bisa bermanfaat untuk digital marketing dan branding selanjutnya

  1. Jejak Online

Zaman sekarang semua serba digital. Jejak online hampir setiap dari kita pasti ada di internet. Jejak online itu meliputi review, feedback, backlink, maupun rekomendasi produk atau testimoni. Kita harus mampu mengolahnya secara baik dan simultan agar jejak online itu dapat menjadi aset digital marketing terpenting. Kita dapat mengelola jejak online dengan membuatnya database agar lebih mudah untuk orang ketahui. Ini memerlukan ketelitian karena tidak semua jejak online yang kita miliki bagus. Harus berusaha secara maksimal agar jejak online yang tidak baik atau buruk dapat kita kelola sehingga bernilai positif.

Baca juga :   Cara Membuat Breadcrumb Di Wordpress

Jejak online ini secara gampang adalah bagaimana orang lain memandang diri kita atau produk kita. Orang lain itu bisa pelanggan, customer, calon customer, maupun kompetitor kita. Kita harus senantiasa meningkatkan branding agar jejak online kita senantiasa baik. Caranya, seperti yang kita sebutkan di atas bahwa kita perlu untuk membuat first impression yang baik, di samping kita juga harus menjaga kualitas produk.

Itu merupakan lima aset digital marketing terpenting untuk kelancaran bisnis kita. Apabila  kita dapat mengelola sebaik mungkin, kelimanya akan menjadi jalan pemulus untuk strategi digital marketing selanjutnya. Tidak ada yang mudah dalam membangun aset digital, karena kita memerlukan keistiqomahan untuk mengelolanya. Namun juga tidak akan jalan apabila tidak lekas kita mulai dari hal yang paling sederhana.

Hal yang paling sederhana yang bisa kita lakukan untuk membangun aset digital adalah dengan menyusun list aset yang kita miliki. Contoh aset digital sudah kita sebutkan satu per satu di atas. Segeralah untuk membuatkannya list agar kita tahu apa saja yang kita miliki. Selanjutnya pengelolaan aset digital ini akan bermanfaat untuk branding produk kita ke depannya. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.