Bongkar Habis Trik Jualan dengan Facebook Organik Bersama Pak Suryadin Laoddang

trik jualan dengan Facebook organik

Sebagai founder Dosen Jualan sekaligus pemateri dalam live webinar kali ini, Bapak Suryadin juga berbagi pengalaman mengenai trik jualan dengan FACEBOOK organik yang sudah diterapkannya yang semua banyak dicibir dan dibully. Tetapi sudah 10 tahun lamanya trik sederhana tersebut terbukti mampu melahirkan sebanyak lebih dari 1.000 entrepreneur baru. Bahkan mereka-mereka yang sudah sukses tersebut juga ikut merasakan pecah telur serta closing pertama kali dalam bisnis yang mereka jalankan. Dengan trik ampuh facebook organik ini bisnis jadi cepat laku.

Tulisan ini merupakan hasil rangkuman saya dari Live Webinar di Youtube Dosen Jualan bersama Suryadin Laoddang tepatnya pada 19 April 2020 pukul 09.00 – 11.30 WIB. Dikutip dari kolom deskripsi akun Youtube Dosen Jualan, Bapak Suryadin menuliskan “ Ini dia ilmu otentik dan hasil ramuan saya sendiri. Mulai saya pakai sejak 2010 dan saya kenalkan – saya ajarkan sejak 2013”.

Live webinar dosen jualan pada kesempatan tersebut dibuka dengan pemaparan singkat pengalaman Bapak Suryadin dalam menggunakan marketing internet. Dari tahun ke tahun beliau selalu mengikuti perkembangan media internet terutama untuk bisnis. Salah satu media yang sampai saat ini beliau terus menggunakan Facebook sebagai media promosi bisnis. “ Facebook itu memang cakupan ilmu sangat luas, cakupan ilmunya sangat banyak gitu dan itu sangat bervariasi. ” kata Bapak Suryadin. Beliau menambahkan bahwa dalam Facebook ada yang jualan mengandalkan status, grup, template, marketplace, event dan lain sebagainya.

Lebih jelasnya mengenai trik jualan dengan FACEBOOK organik akan dijelaskan dalam live webinar ini.

Bapak Suryadin memulai webinar dosen jualan,  dengan membagikan materi mengenai trik Facebook marketing. Sebetulnya Facebook marketing awalnya tidak diperbolehkan untuk jualan. Berdasarkan pengalaman beliau tahun 2010 yang menggunakan grup Facebook untuk berjualan sandal lucu. Kemudian tahun 2013, barulah beliau serius menggunakan marketing FACEBOOK organik. Pada tahun 2013, mulanya FACEBOOK membolehkan untuk dipergunakan sebagai media promosi jualan. Tetapi baru-baru ini banyak teguran dari Facebook jika digunakan untuk Facebook marketing.

Baca juga :   Kegiatan Weekend yang Bermanfaat Buat Kamu di Rumah

Jualan di marketplace Facebook memang susah-susah gampang tetapi ada beberapa hal yang harus dipahami. Founder Dosen Jualan menjelaskan mengenai Mindset dasar jualan di FACEBOOK organik itu ada beberapa yaitu :

  1. Istiqomah, Tumaninah Praktek

Jangan beranggapan bahwa karena ini gratisan dan gampang akhirnya dianggap sebagai sesuatu yang mudah. Padahal Anda harus benar-benar konsisten. Jangan berpikiran dan berharap bahwa hari ini Anda posting maka keesokan harinya langsung menunjukkan hasil. Padahal butuh waktu sekitar 1-3 minggu untuk mendapat impact dari jualan melalui Facebook organik. Adapun bentuk trik jualan dengan FACEBOOK organik berupa tumaninah dan istiqomahnya antara lain harus menentukan dahulu jam kerja memakai Facebook marketplace. Berjualan memakai Facebook marketplace harus konsisten dengan waktu yang sudah Anda tentukan, baik itu mulainya, durasinya hingga selesainya karena tidak bisa dilakukan sembarang waktu. Jangan lupa sediakan meja atau ruangan khusus untuk kerja online agar bisa memancing vibrasi atau semangat untuk rajin mempraktikkan trik jualan dengan Facebook organik agar laris. Kondisikan saat Anda bekerja, Anda benar-benar memakai perangkat atau pakaian kerja atau pakaian yang nyaman agar menciptakan suasana ruangan kerja.

  1. Harus Rajin Update Status, Ganti foto DP dan Ganti Foto Sampul

Anda memiliki banyak teman di Facebook sehingga Anda harus membuat status untuk menyapa teman-teman Facebook tersebut. Tentukan jadwal untuk aktivitas postingan harian terutama untuk membuat status di FACEBOOK organik. Misalnya saya komitmen setiap jam 7 pagi memposting status untuk menyapa teman-teman di Facebook. Kemudian jam 10 pagi Anda membuat status mengenai kegiatan yang sedang Anda lakukan untuk menciptakan karakter dan soft selling. Selanjutnya jam 12 siang Anda bisa memposting produk-produk yang Anda jual dan terus buat postingan status sampai malam hari. Sering-seringlah mengganti foto profil Facebook Anda jika jualan dengan Facebook organik. Hindari menggunakan produk Anda sebagai foto profil Facebook. Misalnya gunakan contoh pemakaian produk dari konsumen untuk dijadikan sebagai foto profil Facebook sehingga akan mendatangkan banyak komentar. Sedangkan untuk foto sampul Facebook sebaiknya Anda memasang produk Anda tetapi jangan terlalu pinggir posisinya. Pasang juga nomor telepon Anda dibagian tengah foto sampul Facebook.

  1. Aktif di Grup, Fanpage, Watch Facebook

Tujuan dari trik jualan dengan FACEBOOK organik ini untuk belajar mengenai teknik jualan, update informasi terbaru, tren yang sedang berkembang dan menjadikan Anda lebih aktif di grup sehingga akan lebih banyak orang yang mengenali Anda atau menambah jaringan. Ketika mereka membuka akun Facebook Anda, maka mereka bisa tahu produk apa yang Anda jual sehingga meningkatkan keinginan untuk membeli produk Anda tersebut(trik jualan Facebook organik agar laris). Selain itu, Anda juga harus rajin ngelike postingan orang lain untuk menjaga interaksi Facebook Anda. Alogaritma Facebook yang bagus adalah jika semakin banyak terjadi interaksi dua arah dari Anda dan teman Facebook.

  1. Banyak Konten Foto

Untuk jualan dengan Facebook organik, sebaiknya perbanyak konten foto karena foto tersebut yang akan berbicara. Pastikan Anda memiliki stok foto yang banyak untuk di posting melalui Facebook Anda. Gunakan caption untuk memperkuat konten foto yang Anda posting. Foto yang bisa digunakan bisa berupa foto produk utuh tanpa propert dan foto dengan tambahan properti. Pakailah aplikasi edit foto untuk menciptakan foto produk yang menarik.

  1. Banyak Konten Caption

Pastikan Anda bisa menulis banyak konten kalimat iklan yang bervariasi untuk membantu Anda agar tidak kehabisan ide saat ingin memposting caption. Jualan dengan Facebook organik Hindari asal membuat caption dan tentukan jadwal postingnya. Supaya Anda kaya akan konten maka belajarnya mengenai buyer persona atau mengenai karakter pembeli Anda. Selain itu banyaklah bergabung di grup untuk memperoleh gambaran caption dan gambar yang bisa Anda buat nantinya.

  1. Tidak Boleh Jualan Melulu, Edukasi, Interaksi, Impresi

Hindari memposting jualan terus menerus karena hal ini bisa membuat orang tidak nyaman. Sehingga Anda bisa memposting hal-hal lain selain produk yang karakternya mengedukasi agar bermanfaat bagi pembacanya. Bila postingan di Facebook dibaca lebih dari 3 detik maka dianggap menjadi impresi. Bila orang lain bersedia untuk share postingan Anda maka akan menimbulkan interaksi.

  1. Kuat dan Tepat di Riset

Jangan sampai Anda jualan tanpa mengetahui kebutuhan pasar. Lakukan riset secara kuat agar Anda bisa mengetahui apa saja permintaan pasar, jenis produk yang Anda jual dan apakah produk tersebut benar-benar di cari oleh pasar. Bapak Suryadin dari Dosen Jualan menyarankan agar melakukan riset produk melalui mesin pencari.

  1. Fast Respon

Pastikan Anda selalu fast respon agar pembeli suka dengan pelayanan Anda ketika berpromosi di FACEBOOK organik. Kebanyakan pembeli lebih menyukai penjual yang cepat merespon ketika pembeli bertanya atau komen di postingan produk di Facebook.

Baca juga :   Cara Jualan di WA Story, Omset Meledak Bermodal Status

Selain beberapa hal di atas yang bisa diterapkan untuk FACEBOOK organik, trik jualan dengan FACEBOOK organik sebaiknya perlu memperhatikan beberapa hal yang harus diperbaiki dalam akun Facebook. Adapun beberapa hal tersebut yaitu Intro dan Bio yang sebaiknya harus Anda lengkapi data-datanya. Untuk intro silahkan Anda tulis sesuatu yang menjelangkan tentang produk Anda maksimal 100 karakter. Edit pula rincian Bio dalam akun FACEBOOK Anda agar bisa terhubung dengan konsumen Anda.

Terdapat juga menu foto unggulan yang bisa Anda pasang dengan satu foto yang menggambarkan citra produk Anda. Bagian about atau tentang Anda silahkan juga di lengkapi, trik jualan dengan FACEBOOK organik jangan lupa juga bagian pengaturan juga di lengkapi supaya Anda terbantu terhubung dengan calon konsumen Anda namun pastikan pengaturan siapa saja yang bisa melihat postingan Anda adalah publik.

Komposisi status trik jualan dengan FACEBOOK organik

Komposisi status trik jualan dengan FACEBOOK organik terdiri dari tiga kategori yaitu status jualan, status edukasi dan status rame-ramean saja. Untuk status jualan terdiri dari hard selling, soft selling, covert selling, story selling dan tabok selling. Hard selling adalah status yang berpromosi produk secara langsung, soft selling adalah status promosi jualan tetapi melalui cerita terlebih dahulu. Sedangkan covert selling adalah status yang tidak hard selling maupun soft selling kare aia bercerita apa adanya tetapi orang tertentu bisa tahu bahwa status tersebut menjual sebuah produk. Story telling adalah status yang berisi cerita tentang banyak hal misalnya menceritakan perjalanan merintis bisnis dan berujung pada promosi jualan. Tabok selling adalah menjual tanpa basa basi misalnya menjual obat kuat untuk pria.

Baca juga :   Apa Itu Core Update?

Status edukasi FACEBOOK organik berisi tentang tips, trik dan cara, rekomendasi fatwa dan anjuran, video tutorial, serta testimoni. Sekali-kali Anda juga perlu posting status dengan karakter rame-ramean seperti kuis, tebak gambar, survey, Q n A, pilih A atau B, Anda kamu bisa, minta rekomendasi, siapa yang punya/jual, tanyakan masa lalu dan tanyakan hal pertama.

Jika Anda berminat materi webinar trik jualan dengan FACEBOOK organik yang disampaikan oleh Founder Dosen Jualan ini, maka silahkan mengirimkan email ke ebookdosenjualan@gmail.com. Semoga bermanfaat tulisan rangkuman saya di atas dari live youtube  Dosen Jualan Suryadin Laoddang.

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂