SEO Instagram ? Pengertian, Fungsi, dan Strategi Penerapan

SEO Instagram

SEO Instagram. Instagram dapat menjadi platform jualan online yang sangat menguntungkan. Ada beberapa alasan mengapa Instagram bisa menjadi pilihan terbaik untuk berjualan secara online, di antaranya adalah jumlah pengguna aktif yang sangat besar, lebih dari 1 miliar akun aktif setiap bulannya. Ini membuat peluang besar bagi bisnis untuk mencapai target pasar mereka. Fokus pada visual juga merupakan keunggulan Instagram, sebagai platform yang sangat visual, memungkinkan pengguna untuk menampilkan produk mereka dengan menarik dan memikat. 

Bisnis yang berfokus pada produk fisik, seperti fashion, makanan, dan kosmetik, akan sangat baik menggunakan Instagram. Alat promosi seperti sponsored posts dan instagram shopping juga tersedia untuk membantu bisnis menjangkau audiens mereka dengan lebih efektif. Kemudahan bekerja sama dengan influencer juga menjadi kelebihan Instagram karena bisnis dapat memanfaatkan jaringan influencer untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Meskipun ada banyak potensi untuk berjualan melalui Instagram, penting bagi bisnis untuk membuat strategi yang baik dan mengelola akun dengan profesional agar dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Kita perlu memperhatikan optimasi akun instagram karena ada banyak orang yang juga menyadari potensi serupa dari instagram. Oleh karenanya anda harus membuat strategi khusus ketika ingin berjualan di instagram. Salah satu teknik yang bisa kita pakai adalah dengan teknik SEO Instagram. 

SEO Instagram ini merupakan salah satu teknik optimasi instagram organik. Lalu apa itu optimasi instagram organik? sebelum kita bahas tentang SEO instagram mari kita simak dulu pengertian optimasi instagram organik. 

Baca juga :   Kelas Digital Marketing “Inkubator Jualan Online” Batch 79 Tinggal Menghitung Hari

Optimasi Instagram Organik

Jadi ptimasi Instagram secara organik sangat penting bagi bisnis yang ingin memperluas jangkauan mereka dan merintis brand mereka melalui platform tersebut. Optimasi organik memungkinkan bisnis untuk mencapai audiens yang lebih luas dan membangun hubungan yang lebih baik dengan followers mereka, tanpa harus membayar untuk promosi atau iklan. 

Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti memposting konten yang berkualitas dan relevan, memanfaatkan hashtag, dan membangun kolaborasi dengan akun lain. Optimasi organik juga membantu menciptakan kepercayaan dan meningkatkan loyalitas followers, yang pada akhirnya dapat mengarah pada penjualan yang lebih baik. Oleh karena itu, optimasi Instagram secara organik sangat penting bagi bisnis yang ingin mencapai sukses melalui platform tersebut.

Salah satu teknik optimasi instagram organik adalah dengan menggunakan teknik SEO Instagram. Cara ini tergolong baru dalam dunia konten dan memang terbukti ampuh untuk menaikkan engagement sebuah postingan. Berikut beberapa teknik SEO Instagram di tahun 2022 hingga 2023 yang ampuh.

SEO Instagram 2022 – 2023

SEO dapat kita terapkan d platform Instagram. Meskipun Instagram sebagian besar merupakan platform visual, tetap ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan jangkauan akun dan postingan Anda dalam hasil pencarian. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi SEO Instagram meliputi:

  • Alt Text Instagram

Jadi Alt text pada Instagram adalah teks deskriptif yang dapat ditempatkan pada gambar atau video yang diunggah ke platform tersebut. Alt text membantu menjelaskan isi gambar atau video kepada pengguna yang memiliki masalah penglihatan atau membantu mesin pencari untuk memahami konteks gambar tersebut.

Menambahkan alt text yang berkualitas pada postingan Instagram Anda dapat membantu memperluas audiens Anda dan meningkatkan jangkauan akun Anda dalam mesin pencari. Hal ini karena mesin pencari lebih memahami konteks gambar dan dapat membuat rekomendasi postingan yang lebih relevan kepada pengguna.

  • SEO di Bio Instagram

Untuk memperluas audiens dan meningkatkan jangkauan akun Anda dalam hasil pencarian, berikut adalah beberapa cara guna mengaplikasikan SEO dalam bio Instagram Anda: memilih kata kunci yang relevan dengan bisnis atau brand Anda, menggunakan hashtag yang populer, membuat deskripsi yang menjelaskan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan, menambahkan tautan ke halaman lain yang berkaitan dengan bisnis atau brand Anda, dan menggunakan foto profil yang profesional dan menarik.

  • Keyword di Judul File (name file)

Nama file foto adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi SEO Instagram. Oleh karena itu, disarankan untuk memberikan nama file yang informatif dan menggunakan kata kunci yang relevan dengan gambar. Misalnya, jika Anda mengunggah gambar produk baru Anda, nama file dapat menjadi “produk-baru-nama-brand.jpg”. Ini akan membantu mesin pencari untuk memahami konteks gambar dan membantu memperluas jangkauan gambar Anda dalam hasil pencarian. Namun, pastikan untuk tetap menjaga nama file yang deskriptif dan tidak membuat nama file yang terlalu panjang atau tidak mudah dibaca.

  • Keyword di Hastag

Hashtag mempunyai peran yang krusial dalam SEO di Instagram. Hashtag membantu mengkategorikan konten dan membuatnya lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari topik tertentu. Oleh karena itu, menggunakan hashtag yang relevan dan populer dalam setiap postingan Instagram Anda dapat membantu meningkatkan jangkauan dan aliran trafik ke akun Anda.

Baca juga :   Perbedaan Reseller dan Dropshipper di Dalam Bisnis Online

Anda bisa memakai hastag yang berhubungan dengan produk, jasa, atau niche bisnis Anda, serta hashtag yang populer dan umum seperti #instagood, #followme, atau #photooftheday. Anda juga dapat membuat hashtag unik dan menarik untuk bisnis atau brand Anda, seperti #brandname or #uniquetag.

Namun, pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan hashtag dalam setiap postingan, karena ini dapat membuat konten Anda terlihat spammy dan tidak menarik. Disarankan untuk menggunakan antara 11 hingga 15 hashtag per postingan sebagai acuan.

  • Keyword dan Sinonimnya dalam Caption

Caption dan penggunaan kata kunci sangat berpengaruh pada strategi SEO di platform Instagram. keyword yang tepat dapat membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi konteks gambar, sehingga memperluas jangkauan gambar Anda dalam hasil pencarian. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memasukkan kata kunci yang relevan dalam setiap caption yang Anda unggah.

Caption juga memegang peran yang sangat penting dalam meningkatkan jangkauan akun Instagram Anda. Caption harus menyediakan informasi yang jelas dan menggambarkan secara singkat apa yang terlihat dalam gambar. Deskripsi yang baik dapat membantu audiens memahami konteks gambar dan memperluas jangkauan akun Anda.

Itulah sekilas tentang berbagai cara yang bisa kita terapkan ketika akan menjalankan SEO Instagram. 

Jasa SEO Instagram

Apabila anda saat ini ingin menerapkan SEO di INstagram namun belum tahu seluk beluknya. Maka anda bisa menghubungi kami di Kampus Dosen Jualan Jogja. Kami bisa mengajari anda sampai bisa untuk mempelajari teknik ini. 

Pun jika anda membutuhkan jasa SEO Instagram maka bisa menggunakan jasa kami. Insyaallah akan kami bentuk akun anda menjadi akun yang SEO Friendly. Jangan khawatir kami akan membantu anda untuk menampilkan akun anda di pencarian teratas google dan instagram. Untuk informasi selengkapnya mengenai kelas dan juga jasa seo di instagram ini maka bisa menghubungi admin kami. Di nomor berikut ini 0821-3694-7525.

Baca juga :   Cara Optimasi Seo Instagram