Pengertian Marketplace, jenis-jenisnya yang ada di Indonesia

Marketplace di Indonesia

Marketplace, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Karena salah satu platform yang paling banyak di gemari dan di gunakan untuk berdagang secara online di Indonesia adalah marketplace. Saat ini, industri ini di Indonesia memang sudah berkembang. Sangat membantu masyarakat Indonesia untuk bisa berbelanja dan berjualan, hanya dengan satu klik saja di rumah sendiri. Lalu apakah marketplace itu? Apa saja jenis-jenisnya? Dan marketplace apa saja yang ada di Indonesia? Yuk kita bahas di artikel ini.

Pengertian Marketplace

Secara garis besar adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya dan bertindak sebagai pihak ketiga yang tidak hanya menyediakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, tetapi juga menyediakan transaksi pembayaran. Marketplace juga bisa disebut sebagai toko online.

Hal yang perlu anda ketahui adalah marketplace tidak akan bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual. Karena tugasnya adalah hanya menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi dengan lebih simpel dan mudah. Salah satu alasan mengapa marketplace terkenal adalah karena kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaanya.

Jenis-jenisnya dibedakan menjadi dua :

  1.  Berdasarkan produk yang di perjual belikan.
  2.  Berdasarkan sistem kerja.

Produk yang diperjual belikan dibedakan menjadi tiga, yaitu :

1. Global

Sebuah media yang dipergunakan untuk jual beli beragam jenis produk yang berbeda dan didapatkan dari banyak sumber. Barang yang di jual tidak harus berhubungan satu dengan lainnya. Contohnya Bukalapak, Tokopedia,OLX dan Shopee.

2. Horinzontal

Marketplace yang dipergunakan untuk jual beli beberapa jenis produk yang masih saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Umumnya, dapat menampilkan dirinya sebagai toko serba ada sehingga mampu mengangkat kenyamanan sebagai selling pointnya. Contohnya adalah zalora.co.id, Khusus produk-produk fashion mulai dari tas, aksesoris, celana, baju, sepatu dan sebagainya.

Baca juga :   Manfaat Pelatihan Digital Marketing Untuk Guru Sekolah

3. Vertikal

Sebuah media yang dipergunakan untuk jual beli satu jenis produk yang didapatkan dari berbagai sumber. Dengan kata lain, produk yang di jual berasal dari banyak supplier namun jenis produknya satu jenis. Contohnya RajaMobil khusus pecinta dunia otomotif dan Wakuliner adalah marketplace khusus penggila kuliner.

Lalu berdasarkan sistem kerja terdiri dari :

1. Konsinyasi.

Jenis marketplace di mana penjual hanya menyerahkan hal-hal penting kepada marketplace seperti detail produk dan informasi penting lainya. Kemudian pihak marketplace akan mengurus semua detail-detail tersebut, di mulai dari pengiriman barang, foto produk,hingga fasilitas pembayaran. Tetapi di marketplace konsiyasi ini, penjual dan pembeli tidak dapat tawar-menawar harga, karena semua di atur oleh marketplace. Contoh dari marketplace jenis ini adalah Zalora dan BerryBenka.

2. Murni

Marketplace yang hanya berfungsi sebagai penyedia tempat bagi penjual untuk mempromosikan produknya sekaligus memberikan fasilitas pembayaran. Penjual dengan sangat bebas dapat mengatur deskripsi produk beserta foto produknya sendiri. Tidak hanya itu, sebelum transaksi pembayaran, pembeli dapat melakukan proses tawar menawar kepada penjual. Setelah harga di setujui bersama, seorang pembeli
dapat langsung membayar melalui rekening yang disediakan marketplace. Contohnya Amazon, BliBli dll.

Marketplace terbesar yang ada di Indonesia :

1. Buka Lapak

Bukalapak adalah marketplace perdagangan elektronik di Indonesia. Yang di dirika oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010. Perusahaan tersebut kini telah melakukan pengembangan ke berbagai lini bisnis lain untuk melakukan pengembangan. Termasuk membantu meningkatkan penjualan para warung tradisional lewat layanan Mitra Bukalapak.

2. BliBli

Perusahaan ini merupakan marketplace perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang berdiri pada tahun 2010.

Baca juga :   Cara Mengedit Video di Tiktok dari Galeri Tanpa Aplikasi

3. Tokopedia

Tokopedia merupakan markerplace toko online terbesar yang ada di Indonesia. Yang berdiri sejak tahun 2009. Dengan misi melakukan pemeratan ekonomi secara digital. Dengan cara mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya

4. Shopee

Shopee adalah marketplace perdagangan elektronik yang berkerja pada pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang berdiri pada 2009 oleh Forrest Li. Yang saat ini di pimpin oleh Cris Feng

5. JD.ID

JD.ID Indonesia adalah marketplace perdagangan elektronik yang berkerja pada pusat di Jakarta, Indonesia. JD.ID pertama kali beroperasi di Indonesia pada tanggal November 2015. Saat ini memiliki 12 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan terus berkembang seiring dengan perkembangan usaha di Indonesia. Dengan memanfaatkan armada logistik miliknya sendiri serta di dukung oleh jaringan mitra di seluruh Indonesia, Perusahaan ini juga dapat menyediakan layanan antar yang cepat dan dapat diandalkan di seluruh wilayah Indonesia.

Jadi itulah penjelasan tentang apa itu marketplace, jenis-jenis Indonesia. Dari masing-masing di atas pastinya memiliki kekurangan, kelebihan dan spesialisasi produk yang paling banyak di cari. Jadi walaupun menyandang gelar sebagai yang terbesar di Indonesia, belum tentu bisa menguasai semua jenis produk yang dijualnya. Dengan adanya marketplace, anda yang ingin berjualan dan menghasilkan uang lewat internet juga semakin mudah.

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Baca juga :   Kursus Marketplace agar Jualan Laris di KDJ pada 25 Nov-2 Des 2021

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂