Dari Piyungan Branding Perguruan Tinggi Kota

Branding Perguruan Tinggi

Dari Piyungan branding Perguruan Tinggi Kota

Dalam situasi yang carut-marut seperti saat ini, tidak ada kata lain selain “Terus Bergerak”. Yah, dengan terus bergerak -meski dalam keterbatasan- kita akan selalu menemukan wacana baru, ilmu baru, dan orang-orang baru dengan daya juang yang tidak terbatas. Dari Piyungan menuju Kota, Kampus Dosen Jualan (KDJ) menjaga marwa untuk tetap berkarya. Khususnya di dunia Digital Marketing. Kali ini, kita melawat ke Perguruan Tinggi Negri yaitu Universitas Negeri Yogyakarta. Kampus pencetak lulusan terbaik di Indonesia. Kami hadir sebagai teman sharing bagaimana branding perguruan tinggi tersebut.

Bertempat di gedung Pascasarjana UNY yang megah,bersih,dan elegan dengan di dominasi warna putih. Suasana kampus terlihat sepi. Karena aktivitas belajar mengajar memang belum berlangsung. Lebih tepatnya dilakukan secara daring. Ruang resepsionis terlihat kosong.  Tidak ada aktivitas berarti yang terlihat. Lorong-lorong hanya di sinari sorot lampu. Tanpa ada yang berlalalu-lalang di sana.

Bertolak dari dusun Srimartani yang tenang,kami tidak mengira akan langsung di sambut dengan semangat yang luar biasa dari peserta. Mata-mata yang antusias. Mimik wajah yang penuh tekad. Serta rasa optimisme yang luar biasa. Hal itu membuat seluruh darah di sekujur tubuh kami mulai ikut mendidih. Mengalahkan dinginnya ruangan ber-AC.

Suasana Acara

Tidak lama setelah semua peralatan siap, acara langsung di buka oleh Ibu Kartika Dewi, Humas pascasarjana UNY. Suara vokal yang lembut dan bulat, seperti menyihir audience yang masih asyik mengobrol. Dalam sekejap, seluruh pandangan tertuju ke depan. Semua peserta tenang. Setelah beberapa patah kata disampaikan, acara di mulai. Selanjutnya dilanjutkan langsung olek Pak Dosen. Pak Suryadin Laoddang. Mengenakan batik dengan corak dan warna yang cerah, celana bahan hitam, dipadukan dengan sneakers menampilkan kesan kekinian. Generasi sekarang menyebutnya Millenial.

Baca juga :   Webinar Digital Marketing Pemula : Ada Banyak Pilihannya di Kampus Dosen Jualan

Dibuka dengan beberapa pertanyaan sederhana. Peserta langsung antusias. Ikut berpartisipasi. Mulai dari peserta yang duduk di depan, di tengah, di belakang. Semuanya tidak mau kalah ingin menyampaikan pendapat. Baik perempuan maupun laki-laki. Membuat Pak Dosen bertambah bersemangat.Pandangan Pak Dosen menyapu seluruh ruangan. Mengamati satu per satu peserta. Mencoba mengajak berkomunikasi secara tidak langsung. Dari ujung ke ujung. Beliau amatai dengan seksama. Sembari menyampaikan materi-materi awal mengenai branding di dunia digital marketing.

Antusiasme peserta semakin meningkat. Karena tanpa basa-basi yang berlebihan Pak Dosen langsung mencoba mengajak peserta untuk menuju inti diskusi. Tapi dengan suasana yang tetap cair dan rileks. Sesekali peserts tertawa mendengar jokes dari Pak Dosen. Sangat terlihat bahwa peserta sangat menikmati semua materi yang di sampaikan. Suara yang lantang. Gesture  yang luwes. Intonasi yang tepat. Layaknya melakukan Stand Up Comedy. Berkali-kali lelucon dilemparkan. Di sambut dengan gelak tawa. Sama sekali tidak tergambar ketegangan dari raut wajah para peserta. Pertunjukan semakin memanas.

Tunggu sebentar. Sejak tadi kita membahas bagaimana acara diskusi ini berlangsung. Tetapi, sebenarnya acara apa, sih?

Acara  ini mengusung tema Optimasi Sosial Media untuk Branding.

UNY mengajak kami untuk berbagi ilmu. Mereka tak ingin ketinggalan dengan kampus-kampus lain di luar sana yang gencar dan memaksimalkan situasi yang ada dengan berselancar di dunia online. (Tenang, acara ini sudah tentu mematuhi protokol kesehatan. Hehehehe)

Nah, para peserta yang hadir adalah para staff admin prodi, staff jurnal, koordinator publikasi dan Humas. Mereka adalah ujung tombak dalam melakukan branding. Dengan geliatnya branding di dunia digital, mereka ingin menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Kampus Dosen Jualan, hadir sebagai teman berbagi ilmu. Mencoba membantu memberikan tips dan strategi untuk mensiasati bagaimana melalukan branding dengan optimal. Bagaimana cara mengeksekusi ide dengan maksimal.

Baca juga :   List Building dan Cara Mengumpulkannya

Peserta yang lebih dari 20 orang ini, memang sangat diharapkan mampu menjadi eksekutor ulung. Mampu memvisualkan ide abstrak menjadi konkrit dan tepat sasaran. Tidak heran jika mereka sangat antusias mendengar berbagai macam trik-trik yang Pak Dosen sampaikan. Tak ayal mereka beberapa kali tercengang dengan ide dan tips yang pak Dosen berikan. Hal tersebut seakan menjadi sesuatu yang baru dan segar. Meski beberapa kali terjadi perdebatan kecil, sama sekali tidak menurunkan  semangat kami.

Merubah sistem yang baru ke sistem yang lebih kontekstual

Merubah sistem yang baru ke sistem yang lebih kontekstual memang tidak mudah. Wacana tersebut coba pak Dosen hadirkan. Dengan gayanya yang santai dan lucu. Tetapi tetap tepat sasaran. Pak Dosen mencoba memberikan wacana segar agar metode branding perguruan tinggi dilakukan lebih familiar atau lebih dekat dengan kehidupan anak muda zaman sekarang. Ini diharapkan mampu menjangkau dan menggaet target sesuai kebutuhan.

Acara yang bermula sejak pukul 9 pagi ini bertambah menarik. Setelah istirahat siang, peserta yang baru saja menikmati hidangan yang sudah disediakan, kembali fokus. Tips dan strategi jitu dari Pak Dosen mulai merambah ke hal-hal yang detail dan rigit tentang branding perguruan tinggi. Dari mulai desain konten hingga cara optimasi instagram. Dari mulai ide yang serampangan sampai ke ide yang terkonsep dan tepat sasaran. Semua trik dan strategi Pak Dosen sampaikan dengan bahasa yang sederhana. Dengan analogi-analogi yang menggelitik.

Tanpa terasa waktu sudah menunjukan pukul 4 sore. Dengan begitu berakhir juga pertemuan kita dengan mereka. Para peserta pelatihan digital marketing yang dari awal hingga akhir tidak mengendorkan sedikitpun rasa penasaran dan semangatnya untuk belajar hal baru.

Baca juga :   Pelatihan Digital Marketing Jogja yang Eksis Menemani Sejak 2014

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂