Apa Manfaat Menggunakan Google Docs?

kelebihan google doc

Apa sajakah Manfaat Menggunakan Google Docs?

  Apa yang kalian ketahui tentang Google Docs? Yang pasti Google Docs merupakan layanan yang tersedia di Google. Lantas, apakah kalian mengetahui apa fungsi dan manfaat menggunakan Google Docs? Banyak fungsi yang didapatkan dnegan mengakses Google Docs. Google Docs sangat erat kaitanya dengan PDF, Word, Excel dan juga Power Point. Kita harus menggunakan jaringan internet untuk dapat mengakses layanan Google Docs.  

Penjelasan mengenai Google Docs

Google Docs (Documents) adalah sebuah layanan web gratis yang berbentuk office suite yang tergabung dalam Google Drive dimana pengguna dapat membuat dan mengedit dokumen dan spreadsheetnya sendiri, yang kemudian disimpan secara online. Kalian juga bisa membuat dokumen bersama dengan orang lain melalui Google Docs. Google Docs pertama kali diperkenalkan pada 9 Maret 2006. Namun setelah Google mengakuisisi Writely, Google Docs menjadi sebuah aplikasi web pengolah kata yang gratis. Pada 12 Januari 2010, Google Docs pertama kali diperkenalkan ke public dengan memberikan layanan penyimpanan sebesar 1GB, dan kemudian meningkat menjadi 15GB.  

Manfaat menggunakan Google Docs

Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari menggunakan Google Docs, berikut fungsinya:

  1. Dapat mengedit file

Salah satu funginya adalah Google Docs dapat mengedit file-file tanpa menggunakan aplikasi di PC kita. Google Docs lebih mudah mengedit file dokumen buatan Microsoft dan akan mengalami kesulitan mengedit file dokumen selain buatan Microsoft.

  1. Dapat mengubah file PDF ke Word

Fungsi lain dari Google Docs adalah dapat mengubah file PDF menjadi file Word (docx). Pertama-tama kalian harus terlebih dahulu mengunggah file PDF ke Google Docs. Kemudian klik File dan pilih Download as Microsoft Word (docx).

  1. Dapat mengubah file Word ke PDF
Baca juga :   Cara Jualan di Marketplace Facebook

Google Docs juga dapat digunakan untuk mengubah file Word (doc, docx) menjadi PDF tanpa tambahan aplikasi. Hanya dengan mengunggahnya ke Google Docs kemudian download as PDF Document (*pdf) jika kalian menggunakan pc. Jika kalian menggunakan HP atau smartphone, kalian unggah file Wordnya kemudian Save as PDF Document (*pdf).

  1. Dapat digunakan di beberapa perangkat

Google Docs tidak hanya digunakan di computer saja. Akan tetapi, Google Docs dapat juga digunakan di smartphone dengan cara mendowloadnya di Play Store.

  1. Memiliki fitur pemeriksa ejaan

Google Docs memiliki fitur yang disebut sebagai pemeriksa ejaan. Jika ada kata-kata yang tidak sesuai, maka dengan adanya fitur pemeriksa ejaan ini maka kata-kata yang tidak sesuai EYD akan disortir.

  1. Mengubah gambar ke pdf

Tidak hanya mengubah file word ke pdf, tetapi Google Docs bisa juga digunakan untuk mengubah gambar menjadi pdf. Kalian dapat mengubah gambar seperti jpg, png, bmp atau hasil scan dan bisa digabung menjadi 1 file dengan menggunakan Google Docs

  1. Dapat digunakan kolaborasi secara real-time

Kalian dapat menggunakan Google Docs untuk kolaborasi secara real-time

Kelebihan Google Docs

  1. Memiliki banyak fitur
  2. Bisa diakses kapan dan dimana saja
  3. Resiko kehilangan data bisa dihindari
  4. Merupakan web gratis
  5. Mudah digunakan
  6. Support dan dokumentasinya lengkap
  7. Bekerja di berbahgai system operasi (dapat nekerja pada PC, Mac, Linux)
  8. Menggunakan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) untuk memformat dokumen, memeriksa ejaan dan lain-lain.

Kelemahan Google Docs

Membutuhkan jaringan internet karena Google Docs hanya bisa diakses secara online   Setiap layanan web pasti memiliki kelebihan dan kekurangan namun juga memiliki manfaat bagi para penggunanya. Demikian sekilas mengenai Google Docs. Semoga bermanfaat          

Baca juga :   Riset kata kunci dalam dunia bisnis

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi bisnis coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂