Tiba di Kampus Dosen Jualan, SMK N 1 Bawang disambut Meriah

 Kunjungan SMKN 1 Bawang ke Kampus Dosen Jualan

Rabu pagi, 16/10/19, Kampus Dosen Jualan mendapat kunjungan dari SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara. Siswa-siswi sejumlah 18 dan 3 orang guru berangkat dari Banjarnegara dengan bus sejak jam 1 dini hari. Semua murid tersebut berasal dari program studi Marketing Online, jurusan yang menjawab tantangan zaman.

Kunjungan ini bertujuan untuk mendapatkan insight terkait jualan online. Misalkan tips jualan online, gambaran cara jualan online di Instagram, dan website. Tepat sekali mereka mendatangi Kampus Dosen Jualan, kampusnya pengusaha online.

Rombongan 2 siswa dan 16 siswi ini terlihat sangat kompak. Sampai-sampai hanya sekedar memberikan candaan ke temannya pun sangat kompak. Suasana cair, sesekali gelak tawa audiens terdengar menghiasi ruangan.

Tentang SMKN 1 Bawang

Sekolah kejuruan negeri ini memiliki kompetensi keahlian yaitu teknik mekatronika, rekayasa perangkat lunak, teknik komputer dan jaringan, agribisnis perikanan air tawar, tata busana, otomatisasi dan tata kelola perkantoran, akuntansi & keuangan lembaga, dan bisnis daring & pemasaran.

Sekolah yang berdiri pada tahun 1964 ini mempunyai spesialisasi bidang garapan yaitu Education, Accounting, Fishing, Mechatronic, Software Enginering, Network Engineering, Marketing, Internet Marketing, Secretary.

Tentang Kampus Dosen Jualan

Kampus Dosen Jualan (KDJ), kampus yang berbeda dengan lainnya seperti kampus UI, UNDIP, UNS, UGM, UIN dan kampus-kampus lainnya. KDJ ialah sekolah non formal yang berfokus pada area Digital Marketing. Sudah 2000 lebih alumni yang diluluskan. Mulai dari usia 12 hingga 60’an tahun. Alasan utama Kampus Dosen Jualan ialah berbagi ilmu.

“Bukankah akan menciptakan kompetitor?” pancing Suryadin Laoddang yang akrab disapa Dosen Jualan saat sambutan

“Karena kami memahami bahwa, ilmu bisa sama, metode bisa sama. Tapi kita yakin bahwa rezeki setiap orang berbeda, Allah sudah mengatur,” tandas Dosen Jualan

Baca juga :   Kembangkan Bakat Anak

Q & A Seputar Internet Marketing

“Bagaimana …,”

“Nama dulu,” kelakar Dosen Jualan yang disambut gelak tawa audiens

“Saya alga,” ucap salah satu siswi SMKN 1 Bawang, malu-malu

“Bagaimana cara agar di Google Consule tercatat sukses?”

“Indikator suksesnya apa?” tanya Dosen Jualan menelisik

“Link anda sudah masuk di google consule, tandanya sudah terindeks google. Lalu, apa yang kita lakukan agar link kita terindeks oleh google.

Kemudian Dosen Jualan menjabarkan tips agar link webisite dapat terindeks di Google. Berikut tips bocoran dari Dosen Jualan:

  1. Buka google
  2. Search kata kunci usaha kita, misal: kain penutup mulut dan hidung.
  3. Pastekan enter. Lakukan berulang.
  4. Bisa juga lakukan hal yang sama dengan gadget lain.
  5. Langkah selanjutnya yaitu melalui Lmgtfy.com. Setelah itu, masukkan link kita dalam kota search. Klik get link, ambil linknya. Buka tab baru, pastekan enter.

Kemudian pertanyaan-pertanyaan selanjutnya: Cara menambah follower di IG, bagaimana cara website kita page one di google, mengapa wesite yang sudah page one bisa turun dan bagaimana bikin artikel menarik dari kata kunci. Semua pertanyaan dijawab detail, bahkan ditambahkan praktek langsung.

“Memang bermain SEO itu tidak bisa instan. Harus ada usaha untuk mengoptimaskannya,” nasihat Dosen Jualan di akhir kata

Dosen Jualan membuka kesempatan bagi SMK N 1 Bawang untuk berkunjung kembali di lain waktu. Bisa orang yang sama untuk konsultasi bisnis. Bisa juga siswa-siswi SMK N 1 Bawang yang akan prakerin.

“Terima kasih pak, semoga ilmunya bermanfaat. Aamiin Yaa Rabbal ‘aalamiin,” ucap siswa-siswi SMKN 1 Bawang yang lagi-lagi kompak-serempak.