Share to be Useful, Sesi Awal Inkubator Jualan Online

Share to be Useful, Sesi Awal Inkubator Jualan Online

Sesi “tepo sliro” yang seperti ini jarang sekali dilaksanakan di sekolah digital marketing manapun. Sesi ini mengajak semua peserta untuk berperan aktif. Bahkan, tanpa diminta, peserta sudah agile saling support satu sama lain.

 

Peserta diajak untuk sharing bisnisnya. Jika memang diutus perusahaan, peserta akan berbagi profil perusahaan mereka. Bahkan yang belum punya bisnis, mereka akan sharing biografi diri. Biografi seperti, pengalaman, prestasi, minat, bakat dan rencana usaha ke depan.

 

Kenapa dinamakan Share to be Useful?

Sesuai namanya, sesi ini bertujuan untuk saling berbagi dan bermanfaat. Penasaran kan? Share to be Useful pada prakteknya ialah presentasi company profil, biografi peserta dan gambaran bisnis ke depan.

 

Manfaat yang didapatkan dari sesi ini banyak sekali, diantaranya:

  1. Mengeratkan seluruh yang ada di dalam ruangan.

Melalui sesi ini, rasa kekeluargaan mulai muncul, rasa saling support dengan alami terbangun.

  1. Mencairkan suasana

Oleh karena masih baru bertemu, tentu ada rasa canggung ataupun sungkan. Melalui sesi Share to be Useful, peserta bisa tertawa bersama. Bahkan tercengang bersama pada moment tertentu.

  1. Sharing pengalaman

Kapan lagi sharing dan betul-betul didengar oleh seluruh peserta? Mereka secara tidak langsung, makin PeDe.

  1. Dapet insight

Insight apakah itu? Insight bisnis, bahkan kerja sama, dll.

  1. Saling kenal

Tak kenal, maka kenalan dong. Sesi yang mengalir dan bikin antusias, membuat sesama peserta saling mengenal. Mereka mulai mengenal perusahaan mereka diutus, bisnis yang akan dikerjakan, asal tempat tinggal, dll. Bahkan jadi saling tahu latar belakangnya.

 

Bagaimana keseruan sesinya?

Bahagia, kaget, malu-malu, mewarnai suasana kelas Inkubator Jualan Online. Suasana Piyungan yang sejuk, turut membuat nyaman. Semua peserta Inkubator tak hanya sekedar presentasi. Namun juga ajang promosi.

Baca juga :   Milad Ke - IV Kampus Dosen Jualan

Ada peserta yang sharing company profil tempatnya bekerja. Dina, sebagai admin marketing online di perusahaan alumunium.

“Mbak, itu jualan properti atau perabotan?” tanya peserta lain

“Perabotan mas,” jawabnya singkat

 

Ada kalanya pembahasan mengarah pada filosofis, “Saya tertarik dengan nama perusahaannya.”

Perusahaan yang diceritakan ialah Event Organizer yang bernama Sauyunan. Sauyunan berasal dari bahasa Sunda yang bermakna berbarengan.

“Logonya itu gambar semut,” jelasnya kemudian ia jeda. Sengaja untuk memberikan waktu semua peserta mengamati yang dimaksud.

“Kenapa semut? Setiap mengerjakan sesuatu harus bermanfaat. Nah, apa yang dilakukan semut, pasti bermanfaat,” tegasnya.

Akhir sesi dari Sauyunan Creation, ada peserta berujar, “Orang marketing mah beda.”

 

Lain lagi dengan peserta yang satu ini. Ia sharing pengalamannya sebagai atlet pegulat. Ia berkisah bahwa dulu orang tuanya dibully. Entah apa masalahnya. Namun baginya, itu menjadi motivasi besarnya.

“Timbul jiwa heroik pada diri saya,” terangnya saat ditanya latar belakang menyukai bela diri.

Berkali-kali prestasi ia raih. Sempat viral di dunia maya berkat kemenangannya yang ditampilkan di TV One. Apakah pernah cedera? Coba tanya sendiri deh kalau itu.

 

Ada pula yang sharing pengalamannya di dunia textile. Sebab, perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya, onderdil mesin textile.

“Indonesia, negara konsumtif,” ucapnya miris. Meski kita tahu bahwa pemuda Indonesia banyak yang kreatif. Hanya saja menjadi tanggung jawab bersama untuk saling support.

Ia mengatakan China memproduksi pakaian secara massal. Apa saja China produksi. Bahkan jilbab dan mukena yang tak dipakai masyarakat China pun mereka produksi. Kemudian mereka jual dengan harga murah, karena biaya produksi akan tertutupi dengan penjualan massal.

“Itulah kenapa industri tekstil banyak yang mati,” ucapnya sedikit geram.

Baca juga :   “Indonesia, Negeri Sejuta Solusi” Workshop Digital Marketing Property oleh Dosen Jualan

“Harusnya importir lokal dibatasi. Supaya pemain lokal bisa bersaing,” harapnya yang diungkapkan di sesi Share to be Useful ini.

Ternyata, harapannya tak hanya pupus sekedar harapan. Ia mempunyai bussiness plan dalam bidang garment. Selain itu, ia juga membaca pasar bahwa ada peluang usaha frozen food.

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂