Rahasia Dagang

Rahasia Dagang

Banyak yang ingin tahu Rahasia Dagang

Rahasia dagang. Apa itu rahasia dagang? Rahasia dagang adalah informasi yang jarang diketahui oleh umum di bidang teknologi dan atau bisnis dimana di sisi itu memiliki nilai yang ekonomis karena berguna dalam kegiatan sebuah usaha, dan dijaga kerahasiaannya oleh sang pemilik rahasia dagang.

 

Pengenalan Rahasia Dagang

pengertian rahasia dagang sudah dijelaskan seperti diatas yah guys. Jadi rahasia dagang ini merupakan sebuah rahasia, ya iyalah rahasia, namanya aja rahasia yah hehe. Rahasia apa? Rahasia mengenai bidang teknologi atau bisa juga bisnis, yang sangat jarang diketahui oleh umum.

 

Apa saja ruang lingkup perlindungan dari Rahasia Dagang?

Apa saja ruang lingkup perlibndungan dari rahasia dagang ini ? ada yang sudah tau guys? Wahhh keren yang udah tau, nah jadi yang belum pada tau nih, mimin kasih tau ya apa saja ruang lingkup perlindungan yang ada pada usaha dagang ini ya guys. Okedeh simak penjelasan  berikut.

Lingkup perusahaan dagang meliputi metode produksi, metode pengolahan, metode penjualan, atau informasi lain di bidang teknologi dan atau bisnis yang memiliki nilai ekonomi dan tidak diketahui oleh masyarakat umum.

Lalu bagaimana proses rahasia dagang itu terjadi? Proses dagang itu terjadi seperti halnya proses dagang dan peraturannya, dimana pasti ada sisi pelanggarannya. Nah, bagaimana pelanggaran rahasia dagang itu terjadi? Eits, bisa saja loh pelanggaran ini terjadi ketika meningkari kesepakatan.

Nah contohnya, pelanggaran rahasia dagang bisa terjadi apabila seseorang sengaja mengungkapkan rahasia dagang, mengingkari kesepakatan atau mengingkari kewajiban tertulis atau tidak tertulis untuk menjaga rahasia dagang yang bersangkutan. Bisa juga terjadi pelanggaran ketika seseorang memperoleh atau menguasai rahasia dagang dengan cara yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca juga :   Konsultasi Tim Pemasaran Online Termurah

Menurut undang-undang republic indonesia nomor 30 tahun 2000 tentang RAHASIA DAGANG menjelaskan bahwa untuk memajukan industry yang mampu bersaing dalam lingkup perdagangan nasional dan internasional perlu diciptakan iklim yang mendorong kreasi dan inovasi masyarakat dengan memberikan perlindungan hokum terhadap rahasia dagang sebagai nagian dari system hak kekayaan intelektual.

Dan juga menjelaskan bahwa Indonesia telah meratifikasi agreement establishing the world trade organization (persetujuan pembentukan orgaanisasi perdagangan dunia) yang mencangkup agreement on trade related aspects of intellectual property rights (persetujuan TRIPs) dengan undang-undang nomor 7 tahun 1994 sehingga perlu diatur ketentuan mengenai rahasia dagang.

Menjelaskan juga bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan b perlu dibentuk undang-undang tentang rahasia dagang. Dalam undang-undang ini mengingatkan bahwa terdapat juga dalam undang-undang nomor 7 tahun 1994 tentang pengesahan agreement establishing the world trade organization (persetujuan pembentukan organisasi perdagangan dunia), (loembaran Negara republic Indonesia tahun 1994 nomor 57, tambahan lembaran Negara republic Indonesia nomor 3564).