Bagaimana Mengubah Name Server Domain Pada Penyedia Hosting Berbeda

Mengubah Name Server Domain

Bagaimana Mengubah Name Server Domain Pada Penyedia Hosting Berbeda? menjadi pertanyaan jika kita ingin mencoba hosting lain namun domain masih tersimpan pada penyedia hosting lain. Kali ini kami akan mebagikan tips untuk memahami dan mempraktekan bagaimana mengubah name server domain kalian. Tapi sebelumnya kalian harus tahu dulu tentang Domain dan Name server domain itu apa?

Apa Istilah Name server Domain Pada Hosting

Nameserver adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada server yang bertanggung jawab dalam mengarahkan nama domain ke alamat IP tertentu. Biasanya, mereka dituliskan dalam format ([ns1].[namaserverhosting].[extensien]) seperti “ns1.serverdosenjualan.com” dan variasinya. Biasanya nameserver tidak hanya satu namun bisa dua bahkan empat nameserver sekaligus untuk load balancing DNS.

Hal ini sangat penting manfaatnya, terutama ketika server pada ns1 mengalami peningkatan lalu lintas yang berlebihan dan menjadi sulit diakses. Dalam situasi tersebut, peramban akan secara otomatis mengalihkan permintaan ke server ns2 atau nameserver lain yang telah ditentukan.

Baca juga :   Digital Marketing Untuk Tingkatkan Omset Bisnis Anda

Waktu Propagasi Saat Perubahan Name Server

Perubahan pada nameserver tidak langsung berlaku, tetapi memerlukan waktu yang biasanya berkisar antara 12 hingga 48 jam sebelum perubahan itu efektif dan dapat diakses oleh semua pengguna. Proses ini dikenal sebagai propagasi.

Mengapa Kamu Perlu Mengubah Name Server Domain?

Sebelum kita masuk ke dalam langkah-langkah praktis, mari kita pahami mengapa Kamu mungkin perlu mengubah name server domain. Ada beberapa alasan utama:

1. Penyedia Hosting Berbeda

Ketika ingin memindahkan situs web dari satu penyedia hosting ke penyedia hosting lainnya, Kamu perlu mengubah name server domain agar website berfungsi dengan baik di lokasi server hosting baru.

2. Ingin Meningkatkan Kinerja

Seringkali, penyedia hosting baru menawarkan kinerja yang lebih baik. Dengan mengubah name server, Kamu dapat mengalihkan domain ke penyedia hosting yang lebih baik ini.

3. Memperkuat Keamanan Dari Serangan

Mengubah name server juga dapat membantu melindungi situs dari serangan DDoS dan ancaman keamanan lainnya. Biasanya selain dengan menggunakan berbeda penyedia hosting banyak juga yang mengarahkan name server pada CloudFlare.

Persiapan Sebelum Mengubah Name Server Domain

Sebelum Kamu memulai proses pengubahan name server domain, ada beberapa langkah persiapan yang penting untuk diperhatikan:

1. Akses ke Akun Hosting

Pastikan Kamu memiliki akses yang full control dan sepenuhnya ke akun hosting, baik yang lama maupun yang baru. Hal ini akan memungkinkan Kamu untuk mengelola domain dengan lebih efisien dan lancar.

2. Informasi Name Server Baru

Pastikan Kamu mendapatkan informasi tentang name server baru dari penyedia hosting yang baru yang Kamu pilih. Informasi ini umumnya dapat ditemukan di dalam panel control hosting. Informasi yang akurat akan sangat penting untuk melanjutkan proses pengubahan name server dengan sukses.

Baca juga :   IG Ads vs FB Ads Lebih Efektif Mana untuk Jualan?

Cara Mengganti Name Server Domain

Sekarang kita akan masuk ke dalam langkah-langkah praktis untuk mengubah name server domain:

Masuk ke Akun Hosting

Langkah utama silahkan buka Control Panel Hosting Kamu dan masuk dengan memasukkan email dan pasword yang sebelumnya sudah kamu daftarkan.

Cari Menu Domain Menage  (DNS/Name Server)

Cari opsi untuk mengelola name server domain atau DNS dalam Control Panel. Biasanya penyedia hosting membuat struktur menu yang berbeda peletakannya, namun secara langkah semua penyedia hosting sama dalam perubahan name server. Beberapa hosting biasanya juga membuat menu/tombol Manage DNS Nameserver, Kamu bisa langsung menuju menu tersebut.

Mengubah Name Server Domain 3

Masukkan Informasi Name Server Baru

Selanjutkan akan diminta untuk merubah/mengganti name server terbaru. Masukkan informasi name server baru yang Kamu dapatkan dari penyedia hosting baru. Isi nameserver Kamu, biasanya dimulai dengan ns1, ke kolom Nameserver 1. Selanjutnya ketikkan name server Anda yang ke-2, dengan ns2, ke Nameserver 2, sesuai dengan informasi name server hosting baru. Jika name server pada hosting baru mempunyai ns4 maka Kamu juga harus memasukkan informasi name server sesuai dengan informasi name server tersebut.

Mengubah Name Server Domain 4

Simpan Perubahan Name Server Domain

Pastikan untuk menyimpan perubahan yang sudah Kamu setting tersebut. Hal Ini mungkin memerlukan waktu propagasi beberapa jam normalnya 1×24 jam hingga perubahan itu benar-benar mulai berfungsi. Kamu bisa selalu cek website kamu setip 30 menit sekali untuk mengerahui apakah perubahan name server domain berhasil atau belum. Keberhasilan pointing domain ini ditandai aktif kembalinya website kita walau domain dan hosting berbeda.

Kesimpulan

Mengubah name server domain mungkin terdengar rumit, tetapi dengan panduan ini, Kamu seharusnya bisa melakukan cara mengubah name server domain dengan mudah dan benar. Sangat penting untuk selalu memiliki kontrol penuh atas domain.Pesan dari kami jangan ragu untuk menghubungi tim support dari penyedia hosting jika kamu sedang mengalami masalah atau membutuhkan bantuan tambahan.

Baca juga :   Digital Marketing untuk Pariwisata Ini Dia Strateginya

Sekarang kamu memiliki pengetahuan yang untuk mengubah name server domain sendiri. Yang harus kamu ingat untuk keamanan data wajib selalu berhati-hati dan pastikan untuk membuat salinan atau cadangan semua data penting sebelum kamu melakukan perubahan-perubahan apa pun di hosting.

Pertanyaan Yang Sering di tanyakan

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perubahan name server ?

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa perubahan name server domain biasanya memerlukan waktu 1×24 jam hingga 2×24 jam atau 48 jam untuk domain berfungsi sepenuhnya. Namun, ini bisa berbeda-beda tergantung pada penyedia hosting. Dalam kasus lain kami pernah melakuakn perubahan dan hanya memerlukan 10 menit untuk domain berfungsi normal kembali.

2. Apakah saya perlu membayar untuk mengubah name server domain?

Tidak perlu, mengubah name server domain biasanya tidak memerlukan biaya tambahan. Jika kamu sudah mempunyai hosting dan domain yang sudah terbeli maka untuk melakukan perubahan itu secara gratis. Namun, pastikan untuk melihat kebijakan penyedia hosting.

3. Bisakah saya mengubah name server kapan saja?

Sangat bisa, kamu bisa mengubah name server domain kapan saja dari mana saja sesuai kebutuhan dan tujuan Kamu.

4. Apa yang terjadi jika saya membuat kesalahan saat mengubah name server?

Yang pasti tidak akan mempengaruhi file dan data Website hanya tidak terakses saja. Jika kamu membuat kesalahan saat mengubah name server, situs web Kamu mungkin menjadi tidak dapat terakses oleh user lain. Maka pastikan untuk memasukkan seluruh informasi name server dengan benar.

5. Apakah ada risiko kehilangan data saat mengubah name server?

Tidak ada, Saat mengubah name server tidak akan menyebabkan kehilangan data pada situs web Kamu. Data Website tetap aman.