Mengenal Apa itu Google Sites

apa itu google sites

Google merupakan salah satu perusahan besar yang bermarkas di Amerika Serikat dan memfokuskan pada jasa dan produk internet. Selain itu, Google merupakan salah satu mesin pencari terbesar dan terbaik di dunia dengan pengguna terbesar untuk saat ini.

Banyak layanan-layanan yang dimunculkan oleh Google untuk membantu kegiatan maupun pekerjaan sehari-hari. Salah satu layanan yang diluncurkan oleh Google adalah Google Sites. Apa itu Google Sites? dan, apa fungsi dari Google Sites? Mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa itu Google Sites dan apa fungsinya.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak pemaparan di bawah ini!

 

Apa itu Google Sites?

Google Sites adalah sebuah aplikasi wiki terstruktur yang digunakan untuk membuat situs web baik itu pribadi maupun kelompok dan untuk kepentingan personal maupun korporat.

Sebelum diakuisisi oleh Google, layanan ini dulunya bernama jotSpot. Nama ini sesuai dengan nama perusahaan pembuatnya. Namun, pada tahun 2006, Google mengakuisisi jotSpot dan berganti nama menjadi Google Sites.

Situs web yang dibuat menggunakan Google Sites akan memiliki alamat http://sites.google.com/site/username/.

Selain itu, Google Sites juga merupakan cara yang paling mudah untuk membuat infromasi yang dapat diakses oleh siapapun yang membutuhkan cepat, dengan mengakses up-to-date.

Kegunaan Google Sites

Pada dasarnya Google Sites merupakan layanan web hosting gratis yang disediakan oleh google. Dengan menggunakan Google Sites kita dapat membuat sebah web yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan internet.

Google Sites sudah memiliki banyak fitur template dan desain menarik yang memudahkan penggunanya. Selain itu, kita dapat menyimpan banyak dokumen dan file-file penting secara gratis di layanan Google Sites, kita juga dapat membagikannya secara online.

Baca juga :   G Suite for Education

 

Kelebihan dan Kekurangan Google Sites

Google Sites memiliki kelebihan dan juga kekurangn yang harus kita ketahui. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Google Sites:

Kelebihan Google Sites

  1. Google Sites disimpan pada domain Google.com, sehingga mesin pencai akan mudah mengindeks halaman-halaman web yang telah kita pasang.
  2. Google Sites dapat di akses menggunakan banyak gadget yang disediakan oleh Google maupun luar Google.
  3. Google Sites menyediakan banyak informasi yang kita butuhkan. Selain itu, dukungan dan bantuan yang tersedia cukup banyak.
  4. Fungsi-fungsi yang ada seperti Analytics, Webmaster Tools, dan Adsensedapat digunakan dengan mudah. Kita hanya perlu meng-copy paste kode yang sudah disediakan.
  5. Tidak ada dukungan script dan iframe pada Google Sites, dengan demikian web yang telah kita buat lebih aman dari script-script script-script yang berbahaya.
  6. Google Sites merupakan layanan gratis dari Google
  7. Gratis penyimpanan online 100 MB
  8. Mudah dibuat

 

Kekurangan Google Sites

  1. Tidak ada fitur drag-n-dropuntuk mendesain halaman web sehingga kita harus melakukan pengaturan sendiri.
  2. Karena Google Sites tidak mendukung script dan iframe, maka kita harus mencari sendiri menggunakan gadget tertentu untuk dapat menggunakan

 

Setelah membaca pemaparan di atas, apakah kalian tertarik untuk membuat web menggunkan Google Sites? Pasti tertarik dong. Selain mudah, layanan ini juga gratis bagi para penggunanya. Dengan begitu, kalian tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat web. Dengan layanan Google Sites kalian sudah bisa membuatnya sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat khususnya buat kalian yang mencari tahu apa itu Google Sites dan apa fungsinya. Terimakasih sudah membaca. J

 

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Baca juga :   Kursus Pemasaran Online Untuk Toko Online Anda

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂