Marketing Strategy

Kupas Marketing Strategy di era Industri

Revolusi industry 4.0 membawa dampak positif di Indonesia khususnya bagi para pengusaha bisnis online. Di zaman sekarang hampir semua bisnis dilakukan secara online lebih-lebih dalam bidang retail. Hal ini memudahkan bagi para penjual untuk mempromosikan dan menjual barang atau jasa. Jual beli online dirasa lebih mudah karena transaksi antara penjual dan pembeli tidak perlu saling bertemu dan bisa dilakukan via email, whatsapp, direct message, ataupun facebook messanger.

Dalam perkembangan usaha, marketing/pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting ketika menjalankan sebuah usaha, karena hadirnya competitor atau pesaing tidak dapat dielakkan lagi. Maka dari itu dalam menyikapi hal ini, Anda harus menyiapkan segudang strategi pemasaran agar dapat menarik minat konsumen. Strategi pemasaran sendiri diartikan sebagai serangkaian usaha perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

Ada beberapa strategi marketing yang efektif yang harus Anda terapkan di era digital ini agar usaha Anda semakin berkembang:

  1. Konsistensi

Konsistensi merupakan hal yang dibutuhkan dalam pemasaran dengan tujuan agar mampu meningkatkan efektivitas penciptaan merek.

  1. Perencanaan

Dalam strategi pemasaran, perencanaan harus dilakukan dengan sangat matang agar mampu menarik minat konsumen dalam jumlah yang banyak.

  1. Target Pasar

Anda juga harus menentukan target pasar yang akan dituju agar tepat sasaran. Target pasar bertujuan untuk memeperjelas target pasar seperti apa yang ingin Anda tuju sehingga perencanaan dapat Anda buat dengan mudah.

  1. Anggaran

Buatlah anggaran sesuai dengan kebutuhan pemasaran Anda. Dengan demikian, Anda dapat menentukan berapa banyak dana yang akan digunakan untuk keperluan pemasaran.

  1. Branding

Branding menjadi penentu apakah konsumen akan menerima produk dari perusahaan Anda ataukah tidak. Baik itu usaha besar maupun usaha kecil tentunya membutuhkan sebuah brand. Tujuan dari brand adalah agar masyarakat dapat mengenal produk Anda. Jadi buatlah brand dengan design semenarik mungkin.

  1. Website
Baca juga :   Pentingnya Ikut Training Marketing Digital Untuk Toko Online Anda

Di era digital ini, website sangat diperlukan untuk memberikan informasi produk yang Anda tawarkan kepada konsumen. Karena kebanyakan konsumen menghabiskan hampir separuh waktunya untuk mengakses internet.

  1. Konten Pemasaran (Content Marketing)

Untuk membuat usaha Anda semakin berkembang dan tetap bisa bersaing dengan perusahaan lainya, yakni dengan membuat konten pemasaran semenarik mungkin sehingga mampu menarik minat konsumen hanya dengan membaca konten yang Anda buat. Usahakan konten yang Anda buat bersifat persuasive agar konsumen semakin tertarik. Dengan adanya konten yang menarik seperti video, foto atau infografis yang berguna dan penting, maka akan dengan mudah promosi brand Anda diterima oleh masyarakat.

  1. Social Media/ mobile marketing

Sebagai pebisnis online tentunya Anda tidak bisa lepas dengan yang namanya social media. Hal ini sangat berpengaruh dalam hal pemasaran karena mempromosikan produk akan sangat mudah melalui media social seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dan juga YouTube.

Selain itu, ada salah satu strategi yang paling sering digunakan yakni strategi marketing mix. Karena strategi ini dinilai sangat membantu perusahaan dalam memperoleh keuntungan. Menurut Kotler dan Amstrong, marketing mix merupakan sekumpulan variabel pemasaran yag bisa digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah yang banyak. Beberapa variabel tersebut adalah:

  1. Product (Produk)

Variabel pertama pada marketing mix adalah produk. Sebelum menwarkan kepada konsumen, terlebih dahulu Anda harus menentukan produk atau jasa apa yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen. Namun sebelumnya lakukanlah riset kecil kepada target pasar yang ingin kamu masuki. Dari hasil riset kita dapat membandingkan produk Anda dengan competitor. Selanjutnya, lakukanlah evaluasi untuk meningkatkan produk yang akan Anda tawarkan.

  1. Price (Harga)

Dalam menentukan harga produk, Anda harus menghitung berdasarkan biaya produksi, modal dan keuntungan dari produk yang akan Anda tawarkan. Harga jual yang Anda pasang harus sesuai dengan harga pasar dan kualita barang atau jasanya. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah resiko kerugian

  1. Promotion (Promosi)
Baca juga :   Konsultan Tim Pemasaran Online Untuk Perusahaan

Promosi dilakukan untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen. Anda dapat melakukan promosi melalui media cetak atau media social. Namun, di era digital ini melakukan promosi melalui media elektronik akan sangat membantu Anda untuk menarik konsumen.

  1. Place (Tempat)

Tempat merupakan salah satu dari marketing mix yang sangat berpengaruh pada perusahaan Anda. Anda dapat mencari dan menentukan lokasi penjualan yang sesuai dangan target pasar yang akan Anda tuju, karena hal ini memudahkan konsumen untuk menjangkaunya.

  1. Participant (Partisipan)

Dalam hal pemasaran, partisipan yang dimaksud adalah setiap orang yang turut serta membantu atau berpartisipasi dalam memasarkan produk atau jasa kepada konsumen.

  1. Process (Proses)

Dalam strategi pemasaran, proses manajemen menjadi bagian yang sangat perlu diperhatikan. Elain itu proses pelayanan terhadap pelayan juga perlu untuk diperhatikan. Karena baik proses manajemen maupun proses pelayanan berpengaruh terhadap hasil dari strategi pemasaran Anda.

  1. Physical Evidence (Bukti/Lingkungan Fisik)

Lingkungan fisik disini berkaitan dengan kondisi dan suasana perusahaan Anda. Sebagai contoh Physical Evidence seperti fasilitas, visi misi perusahaan, brand dan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran produk Anda agar bisa sampai ke konsumen.