Manfaat Youtube Marketing Untuk Bisnis

manfaat youtube untuk bisnis

Youtube merupakan salah satu layanan yang menyajikan informasi dala bentuk video. Kehadiran youtube banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini karena informasi-informasi yang tersaji di youtube berbentuk video sehingga tidak akan membuat bosan.

Seiring berjalanya waktu, youtube mulai dilirik para pebisnis untuk media promosi karena konten yang disajikannya tidak hanya berbentuk gambar dan tulisan melainkan video. Mereka akan menggunakan banyak cara untuk memperluas jaringan pemasaran dan youtube merupakan salah satu media yang digunakannya.

Youtube marketing memberikan banyak manfaat bagi para pebisnis, khususnya pebisnis online. Hal ini karena dengan mengandalkan youtube marketing, jaringan pemasaran lebih luas dibandingkan dengan menggunakan media lain. Sehingga tidak salah jika banyak yang menggunakan youtube marketing untuk beriklan.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas sedikit mengenai pengertian, dan manfaat youtube marketing untuk bisnis.

 

Apa itu youtube marketing?

Youtube marketing dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui youtube dimana konten pemasarannya berbentuk video.

Siapapun bisa beriklan atau melakukan pemasaran menggunakan youtube marketing, baik itu trainer, dokter, pebisnis online atau penulis sekalipun dapat melakukan pemasaran melalui youtube.

Banyak perusahaan-perusahaan besar yang beriklan menggunakan youtube seperti BukaLapak, Lazada, Tokopedia, Adidas dan masih banyak lagi. Konten video yang ada di youtube dimanfaatkan untuk marketing karena youtube merupakan salah satu mesin pencari terbesar di dunia.

 

Sejarah Youtube

Youtube pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005. Pendiri youtube adalah Jawed Karim, Steve Chen, dan Chad Hurley.

Pada tahun 2004, para pendiri youtube masih bekerja di PayPal. Mereka merasa bingung karena tidak memiliki media untuk mngeupload video. Sehingga tercetuslah youtube sebagai media pengunggah video. Dalam pembuatanya, Hurley dan kawan-kawanya mendapat investasi sebesar $11.5 juta dari investor Sequoia Capital. Domain Youtube pada akhirnya didaftarkan pada bulan Februari di kantor pusat di atas restoran pizza di California.

Baca juga :   Mentoring Pemasaran Online Bisnis Online

Pada 2009, youtube menggelar event dengan memperkenalkan peluncuran HD yang mencapai 1080p. pada 2010, iklan-iklan sudah mulai bermunculan di youtube. Selanjutnya pada 2012 hingga saat ini, youtube berembang pesat.

 

Manfaat youtube untuk bisnis

Youtube marketing kini sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh para pebisnis. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan youtube untuk bisnis?

  1. Membangun Brand Awareness

Brand Awarness merupakan salah satu cara yang dilakukan produsen agar produk yang pasarkannya mudah dan selalu diingat oleh konsumen, baik berupa gambar, logo ataupun video dan juga slogan.

Jadi, youtube digunakan sebagai salah satu media untuk membangun Brand Awarness karena jumlah penonton youtube meningkat dari tahun ke tahun.

  1. Bisa mendemonstrasikan produk

Youtube merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau memperkenalkan brand. Tidak hanya itu dengan menggunakan youtube, Anda bisa mendemonstrasikan produk. Hal ini karena promosi dengan youtube berarti Anda harus membuat sebuah vide. Jadi Anda bisa membuat sebuah video produk Anda sekaligus menjelaskan mengenai produk Anda secara detail dan lansung (dengan berbicara)

  1. Memperluas jaringan pemasaran

Memanfaatkan media social untuk promosi memberikan impact yang luar biasa bagi bisnis Anda. Salah satunya adalah youtube. Youtube dapat membantu bisnis Anda untuk memperluas jaringan pemasaran, karena kebanyakan masyarakat gemar bermain youtube. Sehingga, youtube menjadi media yang tepat untuk promosi.

  1. Merupakan mesin pencari terbesar

Youtube merupakan mesin pencari terbesar di dunia setelah Google. Banyak orang yang menggunakan youtube untuk sekedar menonton tutorial.

Jadi, produk yang Anda pasarkan akan mudah ditemukan dan semakin dikenal masyarakat ketika Anda menayangkannya di youtube.

  1. SEO
Baca juga :   Menggunakan Jasa Konsultan Digital Marketing

Youtube merupakan mesin pencari yang popular dari Search Engine Optimization. Jika Anda mempromosikan bisnis Anda di Youtube dan mengoptimalkan youtube untuk SEO maka akan sangat mudah sekali bagi siapapun untuk menemukan produk Anda.

 

Setelah membaca pemaparan di atas, apakah Anda sudah mulai berfikir untuk beriklan menggunakan Youtube? Sangat tepat jika Anda memutuskan menggunakan media yang satu ini untuk mempromosikan produk Anda, karena tujuan Anda salah satunya pasti ingin memperluas jaringan pasar kan?

Namun, jangan sampai lupa untuk membuat konten yang kreatif agar lebih menarik jika dilihat oleh konsumen Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.

======

Info Kampus Dosen Jualan

Membutuhkan Informasi Kursus internet marketing dan Pelatihan Jualan Online?
Hubungi admin kami di : 0821-3694-7525

Tersedia kelas Private Fb Ads, Private Instagram Ads, Private Landingpage, Private Website, Pelatihan Bimtek SEO, Private youtube marketing dan Private Whatsapp Marketing.

Jika ingin mengundang Seminar atau Workshop bisa menghubungi Pembicara Internet marketing.

Apabila membutuhkan konsultasi bisnis anda bisa menghubungi Konsultan bisnis online bersama Dosen Jualan bpk Suryadin Laoddang untuk sesi coaching bisnis.

klik gambar di bawah untuk terhubung langsung dengan admin Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

 

chat wa admin kdj

 

Atau bisa datang langsung ke Kampus Dosen Jualan Yogyakarta

Alamat: Jalan Tembus Draman – Mutihan, RT.04 Pedukuhan Mutihan No. 99, Mutihan, Jatigrit, Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Anda akan di sambut hamparan sawah nan hijau dan suasana pedesaan yang ramah 🙂