Kunjungan UMKM Bayat Klaten

kunjungan umkm bayat klaten

Kampus Dosen Jualan Kedatangan Kunjungan UMKM dari Bayat Klaten

 

Kunjungan UMKM bayat klaten di kampus dosen jualan. tepat pada tanggal 24 januari 2020, peserta UMKM daerah bayat, klaten berkunjung ke kampus dosen jualan. ingin menimba ilmu. Ilmu apakah? Tentunya ilmu bisnis gan.

Sebelumnya apasih UMKM itu? UMKM adalah singkatan dari usaha kecil menengah, yaitu sebuah istilah yang mengacu kepada jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunjan tempat usaha. Dan usaha tersebut berdiri sendiri.

UKM juga biasa disebut dengan usaha mikro kecil menengah. Istilah UMKM ini juga dapat diartikan sebagai usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memnuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Seperti yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan no. 20 tahun 2008, sesuai pengertian UMKM tersebut maka kriteria UMKM dibedakan secar masing-masing meliputi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah.

Terutama buat sahabat-sahabat kdj nih yang punya bisnis pasti tau dong apa itu UMKM.

PENGERTIAN UMKM

  1. Usaha Mikro

Usaha mikro adalah sebuah badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro yang telah diatur oleh undang-undang.

 

  1. Usaha kecil

Usaha kecil adalah sebuah usaha yang memiliki 50 orang anggota tenaga kerja dan menurut undang-undang nomor 9 tahun 1995. Usaha kecil ini merupakan usaha yang memiliki kekayaan bersih sebesar Rp. 200.000.000,- (tidak termasuk bangunan dan tanah) dan penjualan paling banyak 1.000.000,-

 

  1. Usaha menengah

Usaha menengah adalah badan usaha yang bukan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang menjadi bagian langsung ataupun tidak langsung dengan usaha kecil dan usaha besar.

 

Baca juga :   Kejutan tahun baru kampus dosen jualan

Adapun kriteria yang harus kita penuhi menurut undang undang no 20 tahun 2008 yaitu;

 

 

 

NOUraian                                         kriteria 
  Assetomset
1Usaha mikroMaksimal 50 jutaMaksimal 300 juta
2Usaha kecil50-500 juta300 juta-2,5 milyar
3Usaha menengah500 juta-10 milyar2,5-50 milyar

 

Ada pertanyaan, apakah UMKM harus go digital?

Iyalah harus digital, mengapa? Dikarenakan oemasaran secara online sangatlah menguntungkan . Karena jaringan internet yang luas kita dapat menemukan customer yang sangat amat banyak dan jangkauan luas hingga seluruh penduduk dunia.

UMKM yang meningkat pesat di dapat karena cepatnya penyebaran dan banyaknya jumlah orang yang melihat promosi anda dalam pemasaran. Dengan strategi pemasaran online ini seseorang dapat menemukan produk-produk kita karena mereka membutuhkannya.

Go to digital juga karena dipengaruhi karena pemasaran online lebih cenderung lebih mudah dan ngga ribet. dengan strategin pemasaran online ini seseorang dapat menemukan dengan mudah produk yang dibutuhkan. Juga bisa meningkatkan branding produk dan perusahaan kalian menjadi lebih terkesan professional dan lebihb kuat karena sudah tersebar di berbagai media online.

Nah, kedatangan para peserta UMKM dari bayat ini juga diajarkan langsung olehb kampus dosen jualan untuk menuju hijrah offline menuju online.