Google Trends Untuk Konten SEO

Memanfaatkan Google Trends Untuk Konten SEO

 

 

Ketika Anda mempunyai website, tentunya Anda menginginkan banyak pengunjung kan? Sayangnya mendapatkan banyak pengunjung itu bukanlah hal yang mudah sekalipun sudah menuliskan banyak konten. Hal ini bisa disebabkan karena Anda salah memasukan keyword (kata kunci) atau salah menentukan topic.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google Trends, hanya saja Anda tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai informasi-informasi seputar Google Trends.

 

Apa itu Google Trends

Google Trends pertama kali dirilis pada tahun 2006 dan masih dikembangkan sampai sekarang ini. Google Trends merupakan layanan gratis dari Google yang menyediakan fitur menarik, menampilkan topic yang sedang trending, memiliki tampilan yang simple dan menampilkan kata kunci yang sering digunakan.

 

Cara Menggunakan Google Trends

Cara menggunakan Google Trends tebilang sangat mudah karena Google Trends sendiri memiliki tampilan yang sangat sederhana. Sebelum menggunakan Google Trends, ada baiknya Anda menentukan topic atau kata kunci yang ingin Anda riset. Hal ini untuk memudahkan Anda mencari informasi sesuai topic Anda.

  1. Cara membuka Google Trends

Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda tinggal mengetik Google Trends di halaman pencarian Google. Kemudian pilih Google Trends.

 

 

 

  1. Cara Mencari Keyword

 

Untuk mencari keyword, Anda dapat mengetikanua di kolo ‘Enter a search terms or a topic’.

Pada table pertama akan memunculkan grafik yang menunjukan keyword yang Anda cari.

Pada contoh di atas menunjukan pengguna yang mencari dengan mengetikan kata “Taylor Swift” selama satu tahun terakhir.

Setelah grafik muncul, Anda dapat melihat pembagian pengguna pencari keyword atau topic terkait.

Baca juga :   Ketika blockchain menguasai digital industry

 

  1. Cara Membandingkan Keyword

 

Dari contoh grafik di atas dapat menunjukan perbandingan  pencarian Thai Tea, Milk Tea dan Green Tea pada bulan  Februari pada tanggal 2-8 tahun 2020

 

  1. Cara Menggunakan Opsi Pencarian Specifik

 

Anda dapat menggunakan opsi pencarian specific dengan mengklik pada “Web Search”, kemudian akan muncul seperti Image Search, News Search, Google Shopping, dan YouTube Search. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

  1. Memprediksi Trend

 

Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat mendapatkan informasi yang cukup lengkap. Google Trends menampilkan informasi yang sedang trend dan Anda dapat memanfaatkan untuk membuat konten atau artikel semenarik mungkin. Contoh di atas merupakan trend yang sedang trend di Indonesia. Dari tren-tren tersebut Anda dapat memilih salah satu atau lebih untuk bahan konten Anda.

 

Ada beberapa tips untuk Anda yang ingin mencari apa yang sedang update di Google Trends, berikut tipsnya:

  1. Identifikasi tren sesuai Negara yang Anda targetkan
  2. Bandingkan frasa yang memiliki arti yang sama
  3. Liatlah grafiknya dengan sangat teliti.

Di luar sana Anda akan dihadapkan dengan banyaknya competitor yang kesemuanya hampir menggunakan Google Trends untuk menaikan trafik website mereka. Jika Anda tidak cermat dalam menganalisa grafik dan mengolah data, bisa jadi tren hanya naik dalam waktu tertentu saja.

Di era yang serba digital ini, kemungkinan hampir semua kalangan milenial menggunakan Google Trends sebagai bahan konten. Selain mudah digunakan, Google Trends juga tidak berbayar alias gratis dan Google Trends sangat berjasa dalam memberikan informasi untuk pembuatan konten yang menarik.

Nah setelah membaca artikel di atas, sangat mudah bukan menggunakan Google Trends? Karena banyak sekali manfaat yang Anda ambil dari Google Trends.

Baca juga :   Peran copywriting

Terimakasih sudah membaca. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Salam Pengusaha Online J