Facebook Marketplace Februari 2020

Apa itu Facebook Marketplace?

Diera yang serba digital ini, banyak fitur jualan online hadir ditengah-tengah kehidupan kita. Facebook marketplace merupakan salah satu fitur terbaru dari Facebook yang merupakan tempat untuk jual beli online. Facebook marketplace dikhususkan untuk mereka pengguna Facebook yang ingin melakukan jual beli secara online dengan menggunakan Facebook. Facebook marketplace dapat diakses melalui PC/desktop maupun melalui Android. Sama halnya seperti platform jualan online lainya, Facebook marketplace ditujukan untuk memudakan pembeli untuk mencari barang yang dikehendakinya/yang ingin dibelinya.

 

Fitur-Fitur di Facebook Marketplace?

Di dalam Facebook marketplace terdapat 3 fitur utama, yakni fitur pencarian barang, fitur membeli barang dan fitur pencarian.

  1. Fitur Pencarian Barang

Fitur ini digunakan untuk mencari barang atau produk sesuai keinginan pemebeli. Hal ini sangat memudahkan bagi pemeli untuk menemukan barang atau produk yang ingin dibeli. Dalam fitur ini terdapat instant text yang disediakan oleh Facebook yang dapat dikirim langsung ke penjual.

  1. Fitur Menjual Barang

Dalam fitur ini penjual dapat menjual produk-produk yang ingin dijual dengan memberikan keterangan secara detail/rinci. Sehingga pembeli dapat melihat keterangan/deskripsi produk yang dijual.

  1. Fitur Pencarian

Facebook memberikan kemudahan dengan menambakan fitur pencarian yang memudahkan pembeli untuk mencari dan menemukan nama toko yang ingin dituju ataupun barang yang ingin dibeli.

 

 

 

Bagaiman Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Jika kita ingin berjualan di Facebook marketplace, caranya sangat mudah haya dengan mengupload foto produk yang ingin dijual. Caranya klik menu+jual sesuatu, lalu masukan semua rincian produk yang ingin dijual. Setelah itu, klik tombol kirim untuk mulai menjualnya. Untuk melihat produk-produk yang Anda jual, dapat dengan mengklik menu jual pada Facebook.

Baca juga :   Kursus Pemasaran Online Toko Online

 

Selain mengetahui tentang bagaimana caranya berjualan di Facebook marketplace, Anda harus tau tips-tips jitunya agar jualan Anda makin laris. Berikut tips-tipsnya:

Tips Menjual Produk di Facebook Marketplace

Jika Anda ingin berjualan di Facebook marketplace, ada beberapa tips untuk Anda sukses jualan. Berikut tipsnya:

  1. Foto Produk

Foto produk yang ingin Anda jual dari berbagai sudut dan edit fotonya agar konsumen/pembeli lebih tertarik hanya dengan melihat foto produknya.

  1. Keterangan Produk

Berikan keterangan pada produk yang Anda jual dengan rinci dan jelas untuk memudahkan pembeli mengetahui detail produk Anda.

  1. Atur Lokasi

Selanjutnya atur lokasi Anda. Untuk memudahkan, pilih lokasi yang tidak jauh dari target marketing Anda.

  1. Join Grup atau Add Target Market

Untuk mempromosikan produk yang Anda jual agar lebih dikenal, Anda dapat bergabung dengan masuk ke grup-grup yang ada di Facebook Anda untuk memperluas jaringan berjualan Anda.

  1. Share ke Banyak Grup Facebook

Jika Anda sudah join ke banyak grup, Anda dapat membagikan produk-produk jualan Anda kesemua grup yang telah Anda ikuti. Tujuanya adalah untuk memasarkan produk Anda agar lebih dikenal dan menarik lebih banyak pembeli.

 

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan untuk membeli barang di Facebook marketplace. Agar Anda tidak salah pilih dan salah beli. Tips belanja di Facebook marketplace:

  1. Membeli Berdasarkan Kebutuhan

Bagi Anda yang ingin berbelanja online di Facebook marketplace, belanjalah sesuai dengan  kebutuhan Anda.

  1. Tidak Mudah Terkecoh Dengan Foto Produk

Ketika Anda membuka toko online yang Anda tuju, pastinya Anda akan disuguhkan dengan foto-foto produk yang bagus. Maka dari itu, Anda jangan sampai terkecoh dengan foto produk yang bagus. Tentukan terlebih dahulu barang yang akan Anda beli.

  1. Cek Kelengkapan Deskripsi
Baca juga :   Belajar Pemasaran Online yang Tepat untuk Jualan Online

Selanjutnya, setelah Anda melihat-lihat foto produk, cek deskripsi produknya. Apakah ditulis secara rinci ataukah tidak, dengan demikian Anda dapat dengan mudah menentukan pilihan. Namun jika Anda masih ragu dengan deskripsi produknya, Anda bisa mengontak penjualnya langsung.

  1. Lihat Jarak Lokasi

Sebelum Anda membeli produk melalui jual beli online, pastikan jarak lokasinya dekatkah atau jauhkan dengan lokasi Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat ongkos kirim

  1. Pembayaran COD

Untuk menghindari penipuan dan menghemat biaya ada baiknya Anda memilih COD (Cash on Delivery), jadi ketika Anda menerima barangnya ketika itu pula Anda membayarnya secara tunai.

 

Seluruh proses jual beli yang dilakukan di Facebook Marketplace, dilaksanakan melalui media chating yang ada di Facebook yakni Facebook Messenger. Anda dapat terhubung langsung dengan penjual. Apakah anda ingin menanyakan produk yang dijual sedetail-detainya atau kah Anda ingin tawar menawar terlebih dahulu sebelum membeli, kesemuanya dapat dilakukan melalui Facebook Messenger.

Nah, dari uraian di atas adakah bayangan Anda tentang Facebook marketplace? Apakah Anda ingin berbisnis dengan memanfaatkan Facebook marketplace? Atau, Anda ingin berbelanja produk di Facebook marketplace? Semua keputusan ada ditangang Anda.