Berbagi Tips dan Trik Jitu Jualan Online via Media Sosial

Jualan Online Menjadi Pilihan

Dosen Jualan  Jualan melalui media online, di era milenial seperti sekarang ini merupakan media jualan yang digandrungi lintas kalangan. Sebab, segala kemudahan dan besarnya keuntungan yang akan diraup dapat diperoleh darinya. Salah satu dari sekian  jenis pemasaran tersebut, bagi yang menyadari, merupakan jenis pemasaran yang jitu dan hemat.

Pemanfaatan Media Sosial

Ada banyak jalan menuju Roma. Begitu pepatah yang cukup mewakili akan begitu banyak media sosial memasarkan produk (baik barang maupun jasa) via online. Sebut saja media sosial yang famous khususnya di Indonesian sekarang ini; WA (what’s up), IG (instagram), FB (facebook), dan Twitter. Selain itu, kisa masih bisa memanfaatkan BBM (Black Berry Mesenger).  Semua media sosial ini tak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga ataupun teman. Atau bahkan sebagai hiburan semata. Namun juga sebagai media sumber penghasilan.

Pemasaran online menggunakan media sosial pun dimudahkan dengan berbagai fitur atau fasilitas khusus untuk jualan. Kebanyakan orang beranggapan jika langkah awal pemanfaatan media sosial untuk jualan harus berbeda dengan akun pribadi. Sehingga harus membuat akun baru. Sedangkan media sosial tak hanya satu. Andai saja penjual online sudah mempunyai WA, IG, FB dan BBM. Kemudian membuat akun baru khusus jualan. Pasti akan kerepotan mengurus itu semua jika dilakukan pada tahap awal. Artinya, tak perlu membuat media sosial kloningan.

Bagaimana Tips dan Triknya?

Ilmu, jika dibagi justru akan bertambah. Kini,  Dosen Jualan akan berbagi tips dan trik sederhana dalam berjualan online menggunakan media sosial. Cara ini sebetulnya sering digunakan, namun jarang yang mengetahui manfaatnya untuk jualan online. Tips dan trik tersebut di antaranya melalui media sosial yaitu:

  1. Facebook

Facebook mempunyai fasilitas facebook ads. Namun, dalam tips dan trik sederhana ini, tak perlu sampai ke sana. Apalagi dana yang masih minim / terbatas dan pelaku masih ada tahap pemula.  Pada pojok sebelah kiri atas, kita akan menemui sebuah kotak pencarian yang disebut search engine. Kemudian kita akan memanfaatkan hastagg yang notabene merupakan citra dari sang penulis hastagg itu sendiri.

Misalkan kita akan jualan obat pelangsing. Siapa yang membutuhkan? Logikanya ialah orang yang bertubuh gemuk. Maka tuliskan kata #gemuk / #buncit / #gendut pada kotak pencarian tersebut. Selnajutnya, akan keluar orang-orang yang mebuat status atau yang membicarakan tentang gemuk / buncit / genduk. Prinsipnya, Facebook akan bekerja untuk kita, memfilter dan mencarikan orang-orang gemuk untuk menjadi calon customer kita. Sebut saja data base calon customer obat pelangsing.

Menurut pengalaman Dosen Jualan, data base tersebut kemudian dapat difollowup. Langkahnya, diadd akun fbnya, diinbox, dilike statusnya dan dapat pula ikut berkomentar di status yang diuploadnya.

  1. Instagram

Instagram pun tak jauh berbeda dengan facebook, memanfaatkan kotak pencari pada fasilitas yang disediakan.

  1. Twitter

Twitter pun demikian untuk tips dan trik sederhana, pemanfaatan fasilitas kotak pencari.

  1. BBM

Semakin banyak kontak di BBM  akan semakin banyak pula calon customer. Kebanyakan, penjual online dan pengguna BBM terjebak paradigma itu. bahkan banyak yang berlomba-lomba memperbanyak kontak BB. Padahal, bukan itu yang menjadi pengaruh banyak sedikitnya calon customer. Lebih baik 10 kontak BB dan semuanya adalah calon customer, daripada 1000 kontak BB dengan hanya 10 calon customer. Tipsnya adalah, mencari customer yang betul-betul

Pemanfaatan Google Trends

Aplikasi yang dikembangkan Google ini turut membantu pencarian customer sesuai produk yang kita jual. Menurut Wikipedia, Google Trends merupakan grafik statistik pencarian web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah atau bahasa.

Misalkan mencari wilayah mana yang menggunakan obat pelangsing paling banyak di Indonesia. Maka Google Trends dapat memberikan data tersebut dalam bentuk grafik dan nama wilayah. Misalnya saja kota yang ditampilkan adala kota Jakarta. Maka kontak dari facebook, instagram, BBM, dan twitter adalah orang-orang yang berasal dari kota Jakarta. Selain itu, aplikasi ini dapat pula menemukan wilayah mana yang menghasilkan bahan baku terbanyak. Tak hanya lingkup negara Indonesia, namun seluruh dunia.

Poin intinya, temukan yang membutuhkan produkmu. Apabila sudah menemukan, kemudian tindak lanjuti dengan menjalin pertemanan, kemitraan dan persaudaraan. Sehingga pemasaran dengan cara online tidaklah sia-sia lantaran tepat sasaran.

Hal semacam itu hanya sedikit tips dan trik pemanfaatan media sosial untuk jualan online. Jualan online, begitu frasa yang mudah dikenal oleh masyarakat, di samping berjuta keuntungan dan kemudahan, namun keberhasilan juga tergantung apa yang diusahakan oleh pelaku jualan online. Fokus, sabar dan telaten menjadi prinsip dasar jualan, termasuk jualan online.

Incoming search terms:

  • trik jitu memasarkan produk di medsos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *